3 Unit Kios di Pusat Pasar Terbakar! Dirut PUD Pasar Minta Pedagang Tetap Tenang, Tidak Terpancing Isu

Editor: Romeo galung author photo
Dirut PUD Pasar Minta Pedagang Tetap Tenang, Tidak Terpancing Isu
MEDAN - Seketika pedagang di Pusat Pasar Medan heboh. Pasalnya sejumlah kios terbakar, Minggu (14/1/2024) Pukul 20.00 WIB malam. Kerugian pedagang diperkirakan puluhan miliar.

"Lantai 2 Pusat pasar terbakar bang. Masih ada di sini petugas pemadam kebakaran," ucap Nasution salah seorang pedang mengabari.

Sejumlah mobil pemadam kekabaran milik Pemko Medan terlihat sibuk memadamkan api di lantai 2 tersebut.  

Dilokasi terpisah, Dirut PD Pasar Kota Medan, Suwarno, SE meminta para pedagang di Pasar Pusat Pasar tidak terpancing isu liar yang dihembuskan oknum-oknum mengenai adanya sabotase. Ia mengaku prihatin atas kejadian tersebut. Menurutnya, kepulan asap muncul sekitar pukul 20.00 WIB. 

Dari data yang dikumpulkan, kata Suwarno, ada tiga kios yang terbakar dan 9 kios lainnya terdampak. "Kesembilan kios ini terpaksa dilakukan perusakan untuk memutus agar api tidak merambat ke sebelahnya," ujar Suwarno. 

Suwarno mengajak para pedagang di Pasar Pusat Pasar tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu yang memprovokasi terkait peristiwa ini. "Kami mendengar di lapangan ada isu kalau ini terjadi karena sobatase atau sejenisnya, makanya kami mengimbau pedagang dan masyarakat tidak terpancing isu tersebut," sebutnya.

Selain itu, Suwarno berharap kepada pedagang untuk dilakukan cek ulang sebelum menutup kios masing-masing. Ini untuk menghindari terjadinya arus pendek listrik. Sebab dari dugaan sementara, asal api berasal dari salah satu kios. 

"Pastikan peralatan yang dipakai sesuai standart. Sebelum tutup toko atau kios, cek lagi jangan sampai ada instalasi listrik yang masih menyala," pungkas Suwarno. (Rom)

Share:
Komentar

Berita Terkini