Harimau Sumatera Masuk Ke Sekitar Pemukiman Warga, 2 Ekor Hewan Ternak Tewas Diterkam

Editor: Redaksi1 author photo

TANAH KARO - Warga Desa Mardinding, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo digegerkan dengan ditemukannya sisa bangkai 2 ekor lembu diduga tewas akibat diterkam Harimau Sumatera. 

Hal ini disampaikan pemilik ternak Pekena Bana Ginting. Ia mengatakan bahwa 2 ekor hewan ternak peliharaannya tersebut dimangsa binatang buas pada Minggu (19/6/2022) di Juma Batu Roleng, sekitar 4 km dari pemukiman penduduk. 

"Sabtu (18/6/2022) saya masih memberikan minum ternak dan pada hari minggunya, saya terkejut saat mengetahui dua hewan ternak sudah tidak ada di tempat, setelah dicari ia menemukan ternaknya sudah tewas akibat luka cakaran dan bahkan bagian organ belakang ternak tersebut hilang, sehingga ia tersadar jika hewan ternaknya itu telah dimangsa oleh binatang buas," ujarnya. 

Camat Tiganderket, Amri Ginting saat dikonfirmasi wartawan membenarkan kejadian tersebut. 

"Tadi pagi saya dikabari oleh pak kades, dan hal ini akan segera saya sampaikan segera kepada Ibu Bupati untuk ditindaklanjuti, karena bagaimanapun keselamatan warga tetap kita utamakan," katanya.  

Atas laporan tersebut pihak BKSDA mengatakan bahwa hewan buas tersebut teridentifikasi Harimau Sumatera (Populasi Panthera Tigris Sondaica) yang hidup di seputaran kaki Gunung Sinabung  yang termasuk dalam wilayah Taman Nasional Hutan Gunung Leuser. Pihak BKSDA juga menyarankan untuk sementara warga dihimbau tidak melakukan aktivitas di area tersebut. (Thamrin/Abet)
Share:
Komentar

Berita Terkini