BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir Disebagian Wilayah Indonesia

Editor: Hetty author photo

Jakarta - Hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang diprediksi bakal melanda sebagian wilayah Indonesia pada Sabtu, (11/2/2023). 

Dalam sistem peringatan dini cuaca, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan ada beberapa wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Wilayah tersebut adalah:
Aceh
Bali
Bangka Belitung
Banten
Bengkulu
DKI Jakarta
Gorontalo
Jambi
Jawa Barat
Jawa Timur
Kalimantan Barat
Kalimantan Selatan
Kalimantan Tengah
Kalimantan Timur
Kalimantan Utara
Lampung
Maluku
Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Timur
Papua
Papua Barat
Riau
Sulawesi Selatan
Sulawesi Tengah
Sulawesi Tenggara
Sumatra Utara
Sumatra Barat
Sumatra Selatan
BMKG juga mengimbau masyarakat pesisir waspada potensi gelombang tinggi hingga enam meter di beberapa perairan Indonesia.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," ujar Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo, seperti dikutip dari Antara.

Gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan itu diprakirakan pada 10-11 Februari 2023 seiring dengan pola kecepatan angin.

Ia mengatakan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari utara-timur laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-35 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Banda, perairan Kepulauan Tanimbar-Kepulauan Kai-Kepulauan Aru, perairan Amamapare-Agats dan Laut Arafuru," paparnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini