Anggaran Rp2,7 Triliun Proyek Pembangunan Infrastruktur di Sumut, Target Rampung 2023

Editor: Hetty author photo
Pemprov Sumut menyiapkan Rp2,7 triliun untuk pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 450 km selama 2022 hingga 2023. Ilustrasi. (ANTARA FOTO)

Medan - Pemerintah mengucurkan anggaran Rp2,7 triliun untuk pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 450 km di wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Proyek tersebut dimulai pada 2022 dan ditargetkan rampung pada 2023.

"Saat ini jalan provinsi di Sumut dengan kondisi mantap sekitar 75 persen, sementara yang tidak mantap ada 25 persen. Artinya dari panjang jalan provinsi sekitar 3.005 km, hanya 750 km yang tidak mantap," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut Bambang Pardede, Rabu (12/1).

Pembangunan tersebut dilakukan melalui skema pendanaan tahun jamak (multiyears) serta dengan metode rancang dan bangun (design-build). Dengan menggunakan skema dan metode tersebut, pembangunan bisa lebih cepat selesai.

"Selain itu, efisiensi dalam proses pengadaan (dilakukan satu kali) dan waktu pelaksanaan yang simultan dan paralel sehingga efektif dan ekonomis dari segi waktu dan biaya," jelas Bambang.

Bambang mengakui pandemi covid-19 membuat semua rencana pembangunan terhambat. Masalah ini diperparah dengan penurunan kondisi jalan 2,5 persen per tahun. Imbasnya, pencapaian target pembangunan infrastruktur menjadi terkendala.

Menurut Bambang, jika menggunakan skema konvensional, pembangunan jalan tidak akan pernah selesai atau tercapai. Masyarakat pun tidak akan pernah menikmati jalan yang berkualitas.

"Percepatan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan melalui skema multiyears adalah untuk mendukung akses konektivitas jalan provinsi menuju kawasan pariwisata, sentra produksi, akses perkotaan dan daerah tertinggal, sehingga diharapkan dapat memajukan perekonomian Sumut," paparnya.

Bambang berjanji, mulai 2022, pemeliharaan jalan provinsi akan dilakukan secara rutin. Artinya, apabila ada sedikit saja kerusakan jalan, akan langsung diperbaiki.

"Tahun ini, tidak ada satu meter pun jalan provinsi yang tidak ada tuannya, minimal pemeliharaan rutin," tutur Bambang.

Adapun beberapa ruas jalan yang akan dibangun di antaranya ruas jalan Kuala-Simpang Marike di Langkat (akses kawasan wisata Bukit Lawang), ruas Jalan Tanjung Balai-Pasar I-batas Labura di Kabupaten Asahan (akses menuju sentra pertanian), ruas Jalan Gonting-Janji Raja di Samosir (akses KSPN Danau Toba).

Selanjutnya, ruas Jalan Silimbat-Parsoburan di Toba (jalan pintas menuju KSPN Danau Toba), ruas jalan Sibuluan-Aek Horsik di Tapanuli Tengah, ruas Jalan Sipenger- Marancar-Sipirok di Tapanuli Selatan, ruas jalan Pematangsiantar-Pematang Raya di Simalungun, ruas jalan Aek Godang-Sihaporas di Padang Lawas.

Selain jalan, ada sekitar 389,2 meter jembatan dan 71.000 meter drainase yang juga akan dibangun. Di antaranya Jembatan Idano Oyo pada Jalan Provinsi ruas Hilimbuasi-Mandrehe di Nias Barat dan Jembatan Bandar Pulo pada jalan Provinsi ruas Simpang 3 Namu Unggas Tangkahan di Langkat.




Sumber : CNNINDONESIA

Share:
Komentar

Berita Terkini