Omicron Masuk Indonesia ,Pemerintah lockdown Rumah Sakit Covid-19 Wisma Atlet

Editor: Hetty author photo

JAKARTA - Pemerintah memutuskan untuk mengunci atau lockdown Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Jakarta.

Keputusan itu diambil usai penemuan virus Corona varian Omicron di salah satu petugas kebersihan Wisma Atlet.

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan lockdown dilakukan sebagai langkah antisipasi. Pemerintah ingin mencegah penyebaran Omicron.

"Pemerintah saat ini melakukan langkah-langkah mitigasi dengan melakukan lockdown atau penguncian di beberapa tower Wisma Atlet agar varian ini tidak menyebar luas," kata Jodi lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Kamis (16/12).

Jodi menyampaikan pemerintah juga terus menggencarkan whole genome sequencing (WGS). Pendeteksian varian baru itu akan dilakukan secara ketat di seluruh Indonesia.

Di saat yang sama, pemerintah meminta masyarakat tidak panik. Pemerintah berjanji melakukan penanganan terbaik usai penemuan varian Omicron.

"Pak Menko (Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan) mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan yang juga baik," ujar Jodi.

Sebelumnya, Indonesia mengumumkan penemuan virus Corona varian Omicron. Kasus varian Omicron pertama di Indonesia dilakukan setelah pemerintah melakukan WGS di RSDC Wisma Atlet Jakarta.

"Saya ingin menginformasikan perkembangan terbaru. Kemenkes tadi malam mendeteksi pasien inisial N terkonfirm Omicron pada 15 Desember 2021. Data-data sudah kami konfirmasi, dan ini sudah data sequencing omicron," ungkap Menkes Budi Gunadi Sadikin kepada wartawan, Kamis (16/12). (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini