Komunitas UMKM Go Dairi Deklarasi Di Gedung Guru Pakpak Pitu Sendalanen

Editor: Redaksi1 author photo
Komunitas UMKM Go Dairi Deklarasi Di Gedung Guru Pakpak Pitu Sendalanen
SIDIKALANG - Puluhan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dipasarkan dalam kegiatan Bazaar saat Deklarasi Komunitas UMKM Go Dairi Kabupaten Dairi di Gedung Guru Pakpak Pitu Sendalanen, yang merupakan Pusat Layanan Usaha Terpadu, Jumat (8/9/2023). 

Setelah mengucapkan selamat kepada Komunitas UMKM Go Dairi melalui pidato yang disampaikannya, Bupati Dairi Edi K. Berutu didampingi Ketua Dekranasda Romi M. Simarmata beserta seluruh unsur Forkopimda yang hadir menggunting pita tanda dimulainya Bazaar komunitas UMKM Go Dairi, Kabupaten Dairi, yang diikuti oleh 30 peserta UMKM.

"Banyak keuntungan yang didapat para pelaku UMKM setelah bergabung di dalam UMKM Go Dairi. Dalam UMKM Go Dairi para pelaku UMKM membangun ekosistem bisnis yaitu dari UMKM untuk UMKM .

Contoh sederhana : Pelaku usaha cafe dan kuliner Dimsum mengambil/ membeli bahan untuk kebutuhan usahanya dari para pelaku UMKM yang tergabung di komunitas. Wadah Dimsum dan baki di suplai dari pelaku UMKM yang bergiat di usaha kriya Bambu." Ujar Rahma Yanti Chaniago, salah satu pengurus dan penanggung jawab bazaar di Komunitas UMKM Go Dairi.

 Lebih dalam Rahma Yanti Chaniago menerangkan bila Pemkab Dairi mendukung sepenuhnya kegiatan UMKM dengan melibatkan para pelaku UMKM dalam berbagai pelatihan dan diklat sesuai dengan usaha para pelaku UMKM. 

Jadi manfaat pelatihan lebih tepat sasaran.
Pemerintah kab Dairi melalui Disperindagkop dan Pusat Layanan Usaha Terpadu ( PLUT ) Dairi bersinergi dengan BUMN jasa keuangan seperti Bank BRI, Bank SUMUT, Pegadaian dan Bank Mandiri untuk memudahkan para pelaku UMKM untuk mendapatkan KUR.

"Pendanaan untuk Deklarasi dan penyelenggaraan bazaar diambil dari dana AD/ART UMKM Go Dairi yang sudah berjalan sejak UMKM Go Dairi mencanangkan diri menjadi satu komunitas yang utuh. Partisipasi pemerintah yaitu Dinas Pariwisata pada acara Deklarasi dan Bazaar day sebagai penyedia tenda sernavil, panggung dan soundsystem serta meja payung untuk tempat pengunjung duduk menikmati kuliner para peserta Bazaar," tambahnya. 

Rahma Yanti saat ditanyakan dana yang dipakai untuk kegiatan Bazar ini darimana. Rahma juga menjelaskan bahwa Disperindagkop sebagai wadah UMKM memberikan akses seluas-luasnya untuk pemanfaatan ruang dan lokasi Gedung Guru Pakpak Pitu Sendalanen yang merupakan Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu ( PLUT ) untuk kegiatan ini.

Kegiatan Bazaar Komunitas UMKM Go Dairi berlangsung selama 3 hari yang dimulai sejak Jumat 8.Sept.2023 s/d 10.Sept. 2023. Untuk hari Sabtu selain bazaar akan diadakan juga lomba fashion show dan lomba mewarnai yang diikuti oleh murid Taman Kanak kanak yang telah mendaftarkan diri. 

Kemudian pada hari Minggu akan diadakan Senam Zumba massal yang boleh diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat yang datang. Dimana diketahui bahwa Panitia mengundang seorang instruktur senam khusus dalam pelaksanaan senam zumba massal pada hari minggu 10.Sept.2023. Pengumuman pemenang lomba fashion show dan lomba mewarnai beserta penyerahan hadiah juga dilakukan pada hari Minggu, 10.Sept.2023.

"Kegiatan Bazaar ini akan kami lakukan setiap minggu nya nanti disini, di Gedung Guru Pakpak Pitu Sendalanen yang merupakan Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu Kabupaten Dairi." tutup Rahma Yanti Chaniago.

Terlihat hadir dalam acara Deklarasi Komunitas UMKM Go Dairi Bupati Dairi Edy K. Berutu, Ketua Dekranasda Romi Mariani Simarmata, Kadis Pariwisata Rahmadsyah Munte, Camat Silima Pungga pungga Horas Pardede,SE, MM, Camat Siempat Nempu dan Camat Pegagan Hilir. Hadir juga perwakilan Kapolres Dairi dan Kodim 0206/Dairi. (Mula)
Share:
Komentar

Berita Terkini