Kemenag Putuskan Dalam Penerbangan Jemaah Haji Tidak Diterapkan Social Distancing

Editor: Hetty author photo
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi.

Jakarta - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan tak ada social distancing dalam penerbangan haji 2022. Dia menyebut keputusan itu merupakan hasil koordinasi bersama maskapai penerbangan haji, yakni Garuda Indonesia, Saudi Arabia Airline, dan Flynas.

"Dari hasil koordinasi tersebut diperoleh simpulan bahwa terkait kebijakan ada-tidaknya social distancing dalam penerbangan haji tahun 1441 H/2022 M sepenuhnya diserahkan kepada pemerintah Indonesia," kata Zainut dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/1/2022).

"Dalam kaitan ini kami mengambil kebijakan bahwa dalam penerbangan haji tahun 1441H/2022M tidak diterapkan sosial distancing," lanjutnya.

Namun dia menjamin pelaksanaan penerbangan haji tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya, setiap jemaah yang diterbangkan harus sudah divaksinasi dosis lengkap.

"Penerapan protokol kesehatan yang ketat dengan pertimbangan seluruh jemaah haji telah mendapatkan vaksinasi COVID-19," ucapnya.

Dia juga mengatakan seluruh jemaah diwajibkan melakukan tes swab COVID-19 sebelum berangkat ke Tanah Suci dan setelah tiba di Tanah Air.

"Jemaah haji dilakukan swab sebelum berangkat, sebelum kepulangan, dan setelah tiba di Tanah Air," kata dia.




Sumber : Detik.com

Share:
Komentar

Berita Terkini