Sungai Alas Meluap, Puluhan Hektar Lahan Persawahan Warga Putri Betung Tergerus

Editor: Romeo galung author photo


GAYO LUES - Meluapnya sungai alas yang terletak di wilayah kecamatan Putri Betung yang terjadi kemarin malam membuat malapetaka bagi masyarakat setempat akibat entitas hujan begitu tinggi dalam beberapa hari terakhir ini di dataran tinggi Gayo Lues. 

Yang paling parah dalam kejadian banjir pada sungai kali alas diperkirakan puluhan Hektar Lahan Persawahan warga desa Putri Betung tergerus yang saat ini di tanami jagung yang menjelang masa panen. 

Thaib  Pengulu desa Putri Betung yang di dampingi warga lainnya pada Kamis (28/10/2021) kepada metro 24 co.id mengatakan,dari kejadian tinggi nya curah hujan saat ini mengakibatkan banjir nya sungai alas yang merusak lahan pertanian warga. Di perkirakan mencapai puluhan hektar lahan persawahan dan lahan perkebunan coklat menjadi korban luapan sungai tersebut. Dengan lahan persawan yang lagi di tanami jagung oleh masyarakat seakan berubah menjadi DAS serta di penuhi kayu gelondongan. 

Dia menambahkan,kita berharap Pemkab Gayo Lues melalui badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) agar secepatnya memberikan penanganan darurat, sebelum  meluasnya luapan dari sungai tersebut,termasuk ancaman kejalan desa yang makin dekat dari aliran banjir saat ini,ujarnya.

Muhammad Saleh Kabid Rekonstruksi pada BPBD Gayo Lues via ponsel nya mengatakan,   untuk sementara ini kita dari  BPBD akan melakukan pendataan dari setiap kejadian musibah banjir yang kerap terjadi saat ini, dan apa bila banjir tersebut berdampak sangat signifikan akan diupayakan penangan darurat sambil menunggu arahan bapak bupati untuk selanjutnya. Di harapkan kepada masyarakat yang bermukim berdekatan dengan daerah aliran sungai (DAS) agar berhati-hati,karena curah hujan yang begitu tinggi,karena daerah kita ini,daerah pengunungan, sehingga kerap terjadi banjir dan tanah longsor,paparnya.  (Daud)

Share:
Komentar

Berita Terkini