Gayo Lues Terpilih Jadi Tuan Rumah Latsar CPNS Se- Provinsi Aceh

Editor: Redaksi1 author photo


GAYO LUES - Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) adalah pendidikan dan pelatihan dalam Masa Prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

Pelatihan Dasar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi. Kompetensi diukur berdasarkan kemampuan menunjukkan sikap perilaku bela negara mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menunjukkan penguasaan Kompetensi Teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas. 

Tahun ini kabupaten Gayo Lues menjadi tuan rumah LATSAR (Latihan Dasar) bagi 372 CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) yang mengikuti pelatihan dasar untuk menjadi Calon PNS. Pelatihan yang dibuka oleh Wakil Bupati Gayo Lues H. Said Sani didampingi oleh Sekda Gayo Lues Ir. H. Rasyidin Porang. Senin, 23/08/21 bertempat  dihotel Tawar Dingin Kota Blangkejeren.

Acara yang dihadiri oleh Wakil Walikota Subusallam, Kabid SDM pada Dinas SKPSDM Aceh serta Kepala BKPSDM kabupaten lainya hadir kepala SKPK Gayo Lues.

Dalam arahannya Wakil Bupati Gayo Lues H. Said Sani mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk mengoptimalkan apa yang diharapkan pemerintah sebagaimana yang tertulis dalam peraturan Kediklatan dengan pola yang baru seperti sekarang ini.

"Pada saat nanti akan tiba giliran saudara untuk memberikan kontribusi yang besar untuk pembangunan Kabupaten diwilayah kerja masing-masing, apalagi saat ini dunia industri sudah memasuki era baru yang dikenal sebagai revolusi industri 4.0 atau era digital, hal ini ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi secara masif oleh masyarakat. "Jelas Wagub

Selain itu Kepala BKPSDM Drs. Jamaluddin MPD juga menambahkan, tahun ini Gayo Lues dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan Latsar CPNS Aceh, Adapun daerah yang mengkuti Latsar yang dilaksanakan di Gayo Lues antaranya adalah kabupaten Simeulue, Subusalam, Kota Langsa, Abdya dan Aceh tengah. 

Kabupaten Gayo Lues sendiri dipercayakan oleh BKPSDM Aceh sebagai Panitia penyelenggara, Pelatihanyang ditempatkan di tiga lokasi yang berbeda, antara lain Hotel Tawar Sejuk, Nusa Indah dan Hotel Marmas.

Tidak lupa juga Kabid pengembangan Potensi, Manjerial dan Sosial Futural pad BKPSDM Aceh Nalul Autar mengatakan bahwa Kabupaten Gayo Lues dipilih sebagai tempat paling persentatif pada masa pandemik covid-19  Dari pada kabupaten lainyayang ada di Aceh.

Pelatihan Latsar ini sebagai syarat untuk menjadi PNS, pada pelatihan ini calon PNS akan diberikan materi kepribadian, wawasan kebangsaan, etika, publik karater dan manejemen Adminitrasi. Di harapkan pelatihan ini bisa berjalan sukses.

Share:
Komentar

Berita Terkini