Upaya Cegah Laka Lantas, Jasa Raharja bersama FKKAJ Sumut Bentuk Duta Keselamatan Lalu Lintas di SMA N 19 Medan

Editor: Redaksi1 author photo

MEDAN – Forum Komunikasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FKLLAJ) Provinsi Sumatera Utara yang terdiri dari PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara, Ditlantas Polda Sumatera Utara, dan Dinas Perhubungan Sumatera Utara serta komunitas motor Relawan Gabungan Medan (RGM) dan pihak transportasi online Maxim kembali melaksanakan kegiatan sosialisasi keselamatan berlalu lintas di SMA N 19 Medan, Medan Labuhan.

Sosialisasi keselamatan berlalu lintas merupakan kegiatan prioritas dan rutin dari FKLLAJ Provinsi Sumatera Utara. Jasa Raharja Sumatera Utara yang diwakili oleh Petugas Jasa Raharja, Rizky Pangaribuan dan Naimi Yumna Sinurat, menyampaikan mengenai tugas pokok dan fungsi Jasa Raharja sesuai dengan UU No. 33 dan UU No. 34 Tahun 1964 yakni memberikan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas serta menghimpun dan mengelola dana guna memenuhi hak masyarakat atas santunan.

Pada kesempatan kali ini, dibentuk tim duta keselamatan lalu lintas sekolah yang beranggotakan 10 pelajar SMAN 19 Medan. Para duta keselamatan lalu lintas berkomitmen untuk tertib berlalu lintas serta menjadi teladan bagi siswa lainnya di sekolah. 

Rizky menyampaikan berdasarkan data pembayaran santunan, jumlah korban kecelakaan tertinggi di Provinsi Sumatera Utara adalah usia produktif, termasuk pelajar. Dibentuknya duta keselamatan di setiap sekolah diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tertib lalu lintas dan membentuk generasi penerus yang sadar akan keselamatan berlalu lintas.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi Program Pengajar Peduli Keselamatan Lalu Lintas (PPKL) kepada pengajar SMA N 19 Medan. Melalui program PPKL Jasa Raharja mengajak para pengajar di instansi pendidikan sebagai sosok pelopor yang memberikan pesan dan
edukasi terkait pentingnya keselamatan berlalu lintas kepada para pelajar. 

“Guru sebagai perwakilan orang tua disekolah dapat membantu menyampaikan pesan-pesan
keselamatan untuk para pelajar misalnya berhati-hatilah dalam berkendara, gunakan helm SNI, naik angkutan umum yang benar dan patuhilah rambu lalu lintas,” tutup Rizky. (Red)
Share:
Komentar

Berita Terkini