4 Titik Akses Jalan Umum di Jalan Irian Barat Desa Sampali Ditembok Paksa! Kades dan Satpol PP Kompak Tidak Bisa Dikonfirmasi Wartawan

Editor: Redaksi1 author photo
MEDAN - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Deli Serdang diminta untuk segera merobohkan tembok setinggi 4 meter di Jalan Irian Barat Dusun 24, Desa Sampali yang menutup akses jalan masyarakat. Parahnya, tembok yang dikatakan dibangun Eliwanto tersebut ternyata tidak memiliki ijin dan menyerobot tanah warga. 

Hal ini disampaikannya sesuai Surat Peringatan II dari Satpol PP Kabupaten Deli Serdang yang meminta Eliwanto sebagai Penanggung jawab bangunan pagar untuk membongkar sendiri karena tidak memiliki IMB/PBG dan berdiri diatas tanah milik Fuandy Susanto. 

"Dia seenaknya saja membangun tembok diatas tanah milik saya tanpa izin sehingga pintu masuk belakang lahan tanah kosong yang berada di jalan Irian Barat Dusun 24 Desa Sampali hingga kini tidak bisa lagi diakses karena tertutup oleh pagar tembok beton," ujar salah seorang warga, Fuandy Susanto, Selasa (20/2/2024). 

Ia sebagai pemilik tanah sah, sesuai Surat Hak Milik (SHM) mengatakan bahwa perihal permohonan keberatannya ke Pemkab Deli Serdang, melalui Satpol PP telah melayangkan surat peringatan ke 2, kepada Eliwanto dengan nomor 100.3.12/1034/Lubuk Pakam pada 16 Februari 2024 sebagai pemilik dan penanggung jawab bangunan pagar.

"Pihak Pamong Praja Deli Serdang menyatakan sesuai hasil monitoring dan pengawasan telah menemukan pagar tembok milik Eliwanto yang tidak memiliki IMB/PBG dan dibangun diatas lahan milik Fuandy Susanto dan sebagian lagi dibangun diatas lahan yang diperuntukkan untuk jalan/fasilitas umum yang berlokasi di Jalan Irian Barat. Sebenarnya ada 4 titik akses jalan warga yang ditutup," terang Fuandy.

Fuandy menjelaskan bahwa ia merupakan pemilik tanah 3 kavlingan yang terletak di jalan Irian Barat Dusun 24 Desa Sampali sebelah timur. Ia menduga pembangun pagar beton di atas tanahnya, sengaja dilakukan agar ia tidak berkutik dan memaksanya menjual tanahnya dengan harga murah.

"Akibat penembokkan tersebut, akses jalan belakang yang harusnya tembus menuju Tol Anif telah tertutup beton. Padahal jalan itu adalah pintu darurat yang digunakan sebuah gudang yang berada di samping tanah milik saya," twrangnya. 

Fuandy berharap pihak Satpol PP dan Pemkab Deli Serdang untuk segera membongkar tembok yang menutup akses jalan masyarakat tersebut. 

"Jika tidak segera dibongkar, saya akan melakukan langkah hukum untuk menyelesaikannya," tegasnya mengakhiri. 

Ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Kades Sampali, M Ruslan dan Kasatpol PP Deliserdang, Marzuki "KOMPAK" tidak membalas konfirmasi wartawan terkait penembokan akses jalan warga tersebut. (rom)
Share:
Komentar

Berita Terkini