Sumut Jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Kanker Tingkat Nasional

Editor: Hetty author photo

Medan - Provinsi Sumatara Utara akan menjadi tuan rumah peringatan Hari Kanker Sedunia Tingkat Nasional 2023 yang digelar pada 4- 5 Februari  2023 di Aula Tengku Rizal Nurdin, kantor Gubernur Sumatera Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut) Alwi Mujahit Hasibuan, di Medan, Jumat, mengungkapkan pihaknya terus berkoordinasi dengan seluruh panitia demi mematangkan persiapan acara tersebut.

"Acaranya besok, kegiatan ini langsung dilaksanakan oleh YKI (Yayasan Kanker Indonesia) dari kementerian pusat dan dari kita dinas kesehatan provinsi," ungkapnya.

Alwi menjelaskan kegiatan ini juga berkolaborasi dengan sejumlah elemen yang bergerak di bidang peduli kanker di Kota Medan.

"Kegiatan ini dukung oleh yayasan/ kelompok yang peduli kanker termasuk YOAM (Yayasan Onkologi Anak Medan) dan ada lagi yang lain, " kata Alwi Mujahit.

Lebih lanjut di momen hari kanker dunia ini, ia berharap masyarakat mencegah penyakit kanker sejak dini dengan cara mengatur pola makan sehat seperti makan sayur dan sebagainya.

"Prilaku makan masyarakat kita sering makan fast food (cepat saji), jarang makan sayur, sayur ini makanan yang bisa menghindari beberapa penyakit kanker," ujar Alwi.

Kegiatan ini yang dilaksanakan pada 4- 5 Febuari 2023 akan menggelar sejumlah kegiatan diantaranya seminar nasional yang dihadiri Pengurus Pusat YKI , Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Dinas Kesehatan Sumatera Utara serta tamu undangan lainnya.

Union for Internasional Cancer dalam situsnya menyebutkan tema Hari Kanker Sedunia adalah "Close the Care Gap," dengan arti akhiri kesenjangan perawatan penderita kanker.



Sumber: Antara
Share:
Komentar

Berita Terkini