PT Pertamina Resmi Turunkan Harga BBM Jenis Pertamax

Editor: Dian author photo

PT Pertamina (Persero) resmi menurunkan harga BBM jenis pertamax dari Rp13.900 per liter menjadi Rp12.800 per liter mulai Selasa (3/1). 

Pantauan CNNIndonesia.com di SPBU Coco Tendean, Jakarta Selatan,  penurunan harga ini langsung diumumkan oleh pegawai SPBU, meski belum ada perubahan di papan harga.

Nampak belasan mobil mengantre untuk membeli pertamax. Sekitar pukul 14.15 WIB, harga baru diumumkan menggunakan pengeras suara.

"Pertamax turun menjadi Rp12.800, pertalite tetap Rp10 ribu," bunyi penggalan pengumuman tersebut.

"Iya ini makanya antre. Ganti shift sekalian ganti harga, tadi sudah diumumkan. Untuk (harga) di papan akan segera diubah," kata petugas SPBU saat dikonfirmasi.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta Selatan, mengatakan Pertamina menurunkan harga BBM jenis pertamax dari Rp13.900 per liter menjadi Rp12.800. Penurunan harga berlaku mulai Selasa (3/1) pukul 14.00 ini.

Ia menambahkan penurunan harga pertamax dilakukan setelah harga minyak dunia yang saat perang Rusia dan Ukraina melesat ke atas US$100 per barel, kini turun jadi US$79 per barel.

"Sekarang harga minyak dunia turun ke US$79. Karena itu akhir tahun baru kemarin kita 3 menteri; Menkeu, menteri ESDM, saya memproyeksikan harga BBM yang pasar dan bukan dibantu pemerintah, salah satunya Pertamax diputuskan harga turun," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan harga baru Pertamax berlaku pukul 14.00 waktu setempat.
Share:
Komentar

Berita Terkini