BMKG: Pergantian Tahun Baru Seluruh Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat

Editor: Hetty author photo


Jakarta - Pergantian tahun 2023 tinggal hitungan hari. Masyarakat diminta memperhatikan kondisi cuaca jika ingin melakukan aktivitas di luar rumah.


Sebabnya, curah hujan sedang mengalami peningkatan. Prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) cuaca saat tahun baru 2023, seluruh wilayah Indonesia berpotensi hujan lebat.


"BMKG memprakirakan seluruh wilayah Indonesia berpotensi dilanda hujan lebat hingga sangat lebat selama periode Natal dan Tahun Baru 2023," demikian dikutip dari Twitter humas BMKG @InfoHumasBMKG, Selasa (27/12).


BMKG meminta masyarakat terus memantau perkembangan cuaca.


Jelang Libur Tahun Baru, Tol Jabodetabek dan Jabar Dilalui 80 Ribu Kendaraan

"Masyarakat diminta untuk terus memonitor informasi prakiraan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG."


Sebelumnya, peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyampaikan ada potensi banjir besar di kawasan Jabodetabek pada Rabu, 28 Desember 2022. Khusus Tanggerang, diprediksi terjadi hujan ekstrem dan badai besar.


"Potensi banjir besar Jabodetabek. Siapapun Anda yang tinggal di Jabodetabek, dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022," kata Peneliti Klimatologi, pada Pusat Riset Iklim, dan Atmosfir, BRIN, Erma Yulihastin, dalam unggahannya di Twitter, dikutip merdeka.com, Selasa (27/12).


Erna menjelaskan, perkiraan tersebut berdasarkan analisis data dari Satellite Early Warning System (Sadewa). Dia menerangkan, badai dahsyat dari laut akan berpindah ke darat melalui jalur barat dengan angin baratan yang membawa hujan badai dari laut, dan dari utara melalui angin permukaan yang kuat.


"Maka Banten, dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral tempat serangan badai tersebut. Dimulai sejak siang hingga malam hari pada 28 Desember 2022," paparnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini