Terbentur Kampanye Pilpres, Indonesia Dicoret Dari Kalender Balap Formula E

Editor: Redaksi1 author photo
Formula E
Jakarta tak masuk dalam kalender balap Formula E 2024. Absennya Jakarta dalam kalender Formula E itu lantaran ada kampanye Pilpres 2024.

Formula resmi merilis kalender balap untuk musim 2024. Menariknya dalam kalender balap musim ke-10 itu, Ibu Kota Jakarta tak lagi masuk daftar. Dilansir laman resmi FIA Formula E, sejatinya balapan mobil listrik super cepat itu bakal diselenggarakan pada Sabtu, 8 Juni 2023. Namun demikian, tanggal itu rupanya bersamaan dengan kampanye pemilihan presiden di Indonesia.

"Acara yang direncanakan di Jakarta pada hari Sabtu, 8 Juni, tidak akan berlangsung menyusul pengumuman masa kampanye pemilihan presiden Indonesia yang kebanyakan berlangsung pada bulan Juni. Hal ini akan berdampak pada logistik untuk menyelenggarakan balapan di jalanan Ibu kota pada waktu yang sama. Formula E dan pihak berwenang di Jakarta sedang menjajaki kemungkinan untuk mengadakan balapan di kota ini pada tanggal alternatif," demikian bunyi keterangan resmi Formula E.

Musim ke 10 FIA Formula E bakal berlangsung mulai 13 Januari 2024 di Mexico City. Sejauh ini ada 16 seri yang bakal digelar di 11 kota sebelum musim puncak di London, 20-21 Juli.

Shanghai dan Hyderabad juga dipastikan akan kembali menggelar balap Formula E setelah mendapat persetujuan pada pertemuan Dewan Olahraga Motor Dunia FIA pada 19 Oktober. Di Shanghai, ini merupakan kali pertama Formula E digelar. Sebelumnya mobil-mobil Formula E sempat adu cepat di China namun digelar di Beijing pada 2014 dan Sanya pada tahun 2019.

Untuk pertama kalinya juga balapan Formula E bakal digelar di Jepang. Ini sejarah bagi Formula E saat Tokyo mengkonfirmasi jadi tuan rumah pada balapan yang digelar Sabtu 30 Maret 2024.

"Formula E akan menjadi pemimpin di kejuaraan motorsport global musim depan sebagai satu-satunya yang digelar di tiga pasar terbesar yaitu China, India, dan Amerika Serikat. Bersama itu kami juga akan debut di jalanan Tokyo dan balapan di pasar global utama lainnya seperti Brazil, Jerman, Arab Saudi, dan Inggris. Kami telah menyusun kalender yang memiliki potensi melibatkan miliaran orang dalam masa depan motorsport listrik yang menarik dan menghibur," terang CEO Formula E Jeff Dodds.

Sumber : detik.com
Share:
Komentar

Berita Terkini