Presiden Jokowi Resmikan Tol Bocimi

Editor: Redaksi1 author photo
Tol Bocimi

Presiden Joko Widodo meresmikan lanjutan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Tol yang diresmikan itu sepanjang 11,9 Km dari Cigombong ke Cibadak.Sebelumnya untuk ruas Tol Bocimi Seksi I yang menghubungkan Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km telah beroperasi sejak Desember 2018 dan diresmikan secara langsung juga oleh Jokowi.

"Alhamdulillah pada hari ini jalan tol Ciawi-Sukabumi, ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan," ujar Jokowi dalam sambutannya dalam acara peresmian yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (4/8/2023)

Jokowi membeberkan ruas Tol Cigombong-Cibadak ini menelan biaya Rp 3,2 triliun. Dia juga berharap dengan selesainya ruas jalan tol ini perjalanan bisa makin singkat.

"Nanti kalau kita ke Pelabuhan Ratu, ke Ciletuh, Ujung Genteng, Gunung Gede, sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi makan waktu 5 jam kadang sampai 6 jam. Dengan jalan tol ini kurang lebih hanya 2,5 jam," beber Jokowi.

Perlu diketahui juga ruas Tol Cigombong-Cibadak sudah pernah dibuka fungsional pada arus mudik Lebaran 15 April 2023 sampai 1 Mei 2023. Terjadi peningkatan lalu lintas harian rata-rata (LHR) sebesar 66,20% dibandingkan periode mudik 2022 yaitu dengan rata-rata 38.716 kendaraan yang melintas.

Sumber : detik.com
Share:
Komentar

Berita Terkini