Prodi Tbind UINSU Bersama Mahasiswa Laksanakan Program Kewirausahaan Membatik

Editor: Romeo galung author photo
Prodi Tbind UINSU Bersama Mahasiswa Laksanakan Program Kewirausahaan Membatik

MEDAN - Sebanyak 90 orang mahasiswa/i mengikuti Prodi Tadris Bahasa Indonesia (Tbind) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan mengikuti praktek membatik yang menjadi program praktek lapangan matakuliah Kewirausahaan, Sabtu (9/12/2023). 

Adapun salah satu tujuan dilaksanakannya program ini adalah sebagai komitmen membudayakan bahkan mengembangkan produk asli Indonesia. 

Hal ini disampaikan oleh perwakilan Dosen Prodi Tbind UINSU, Nurhalimah Marpaung M. Pd. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dikarenakan batik adalah sebagai identitas budaya Indonesia. 

"Kegiatan ini menambah pengetahuan dan pengalaman untuk mencintai produk lokal sekaligus memperkenalkannya di lokal maupun internasional," ujarnya didampingi Muhammad Fuad Zain, M. Pd dikelas Tbind-1 dan Tbind-2 Semester 1. 
Prodi Tbind UINSU Bersama Mahasiswa Laksanakan Program Kewirausahaan Membatik

Ia pun menjelaskan bahwa adapun tujuan dari pelatihan membatik ini merupakan salah satu program kewirausahaan agar dapat menunjang perekonomian ke depan. 

"Besar harapan dapat direalisasikan mahasiswa dalam kehidupan untuk menunjang perekonomian ke depan yang lebih baik dan cinta produk batik Indonesia," harap Nurhalimah mengakhiri. 

Terlihat pelaksanaan kegiatan dilakukan di Batik Pelopor Jaya Medan. Rangkaian kegiatannya yakni, Pengukiran batik melakukan dengan 2 pilihan yakni tehnik mencanting dan mencetak, jika menggunakan tehnik mencanting maka dipoles dengan malam (lilin mencair). Setelah pengukiran motif batik maka masuk ke tahap mewarnai batik dengan merendam batik dalam air cat sesuai keinginan dengan beberapa tahapan cat.

Kemudian untuk tahapan terakhir dilakukan pengeringan setelah itu selesai. Kegiatan tambahan yakni makan bersama yang diadakan oleh ibu Sri Wahyuni selaku pemilik produksi batik dan melakukan beberapa dokumentasi. (Halim)
Share:
Komentar

Berita Terkini