Proyek Peningkatan Kapasitas IPA Kutilang 20L/D Dan Optimalisasi NUWSP Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi

Editor: Redaksi1 author photo
Proyek Peningkatan Kapasitas IPA Kutilang 20L/D Dan Optimalisasi NUWSP Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi

TEBING TINGGI - Proyek Kementrian PUPR Peningkatan kapasitas IPA kutilang 20L/D dan optimalisasi SPAM Tendean Kota Tebing Tinggi (NUWSP) Senilai Rp 27,1 Milliar terkesan mangkrak. 

Pasalnya, hingga habis waktu pelaksanaan pekerjaan pada 24 mei 2023, PT IM sebagai pelaksana diduga tidak bisa mendatangkan tenaga yang ahli untuk melasanakan pekerjaan dan peralatan pendukung untuk percepatan pekerjaan. 

Dari hasil pantauan wartawan, terlihat pengerjaan proyek baru 60% dikerjakan dengan masa waktu pengerjaan 300 hari. 

LSM Konservasi Lingkungan Hidup (KLH), M Anwar mengatakan bahwa  pelaksanaan kegiatan tidak sesuai spesipikasi seperti pengecoran pondasi boofile sedalam 6 meter dengan beton coor K300 hanya menggunakan 
molen kapasitas 0,3 M3. 

"Sangat jelas ketidakmampuan kontraktor untuk melaksanakan kegiatan, seharusnya PT IM selaku pelaksana kegiatan, sebelum pengecoran dilakukan pengujian slump untuk mengetahui batas kekentalan beton siap pakai yang berpengaruh pada mutu beton yang dihasilkan. Untuk memperoleh hasil pekerjaan struktur yang sesuai dengan standar, maka mutu beton harus sesuai dengan 
yang telah ditetapkan yaitu K-300 dan slump 10±2," terangnya. 

Lalu, Anwar menambahkan bahwa pengecoran pondasi cakar ayam sedalam 50 cm dikerjakan diduga asal jadi dengan  temuan pengecoran cakar ayam dengan beton cor K 250 tanpa pengujian slump untuk mengetahui batas kekentalan beton siap pakai yang berpengaruh pada mutu beton yang dihasilkan.

"Sambungan sisa besi borfile yang menjadi perkuatan pengangan cakar ayam tidak sesuai. Panjang sisa besi boorfile semen hanya 10cm, seharusnya paling tidak itu antara 30-50 cm untuk mengikat sebagai kekuatan cakar ayam. Pemasangan pipa diduga asal jadi, kedalaman galian yang seharusnya digali untuk menanam PIPA adalah 150 cm, tetepi dilapangan di gali hanya sedalam 120 -130 cm. PIPA juga diletakkan tanpa menggunakan bantalan pasir," tambahnya. 

Kemudian, Anwar mengatakan permaslahan pemasangan peningkatan kapasitas IPA Kutilang 20L/d dan optimalisasi SPAM Tendean Kota Tebing Tinggi (NUWSP) telah banyak di soal warga. 

"Bahkan pihak Dinas PUPR Kota Tebing Tinggi sudah memperingatkan agar pemasangan Jaringan PIPA dikerjakan sesuai senyatanya agar tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat. PT IM selaku pelaksana kegiatan tidak memperdulikan atau 
mengabaikan kesalamatan tenaga kerja," terangnya mengakhiri. 

Dilokasi terpisah, ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Dirut PDAM Tirta Bulian Kota Tebing Tinggi, Khoiruddin mengatakan akan menyampaikan kepada perusahaan pelaksana. 

"Kita sudah sampaikan pada mereka," ujarnya singkat. (Riki) 
Share:
Komentar

Berita Terkini