Mengenal' Eddy Virgo', Anak Medan Kelahiran Tanjung Balai Asahan Di Pulau Pinang

Editor: Redaksi1 author photo
Presiden Permai, Eddy Virgo
Tak kenal maka tak sayang, sebait kata pribahasa ini tepat disematkan kepada hubungan harmoni antara Rivlan tour dengan Eddy Virgo salah seorang pengusaha di Penang yang notabenenya adalah anak medan yang telah lama berkecimpung di negeri jiran.

Perkenalan Rivlan Tour yang di nakhodai Drs. Rivai Nasution, MM bukan baru kali pertama, namun telah berlangsung selama 6 tahun. Ketika itu Drs. Rivai Nasution MM masih aktif sebagai ASN di kota Medan yang secara intens menjalin komunikasi dengan beliau. 

Eddy Virgo merupakan pengusaha asal Kota Medan yang saat ini berdomisili di Penang Malaysia, beliau selain sebagai perwakilan Pemko Medan di Pulau Pinang juga sebagai Presiden Permai salah satu lembaga NGO (Non government Organization) bernama Pertubuhan Masyarakat Indonesia dengan singkatan Permai. 

Permai merupakan satu satunya NGO yang mendapat kelulusan/disyahkan Kerajaan Malaysia dibawah instansi ROS dengan no PPM 007-06-04022019 dan berkantor di Center Permai di kompleks Bukit Jambul Penang.

Drs. Rivai Nasution bersama rekan kerjanya Ramlan melaksanakan kunjungan ke Penang selama 4 hari untuk membangun sebuah bisnis travelling dan tour dengan menggandeng Eddy Virgo untuk bekerjasama dalam bisnis tersebut. Pertemuan yang singkat tapi padat dengan Eddy Virgo menyisakan pengalaman yang luar biasa.

"Diluar dugaan banyak yang kami peroleh dari beliau, pembawaannya sangat humble. Orangnya lebih mengutamakan karya daripada banyak bicara. Sebagai bukti dari NGO Permai yang dipimpinannya jelas nampak karya nyatanya. English Academy Bengkulu Malaysia, Academy penghafalan AlQuran RQV, Sanggar Bimbingan, sekolah informal buat anak-anak WNI tanpa dokumen dan banyak lagi rancangan beliau yang telah diagendakan akan diwujudkan secara bertahap.” Ujar Rivai. 

Menurut data survey di Pulau Pinang, diperkirakan ada 600 anak WNI yang lahir di Bumi perantauan Malaysia tanpa dokumen yang syah. Mereka tidak bisa diterima disekolah, orang tuanya yang tergolongan ‘ada kerja ada makan’ juga minim pendidikan. Mereka hidup dipondok liar yang kumuh tanpa pernah mengecap pendidikan, ada yang jadi kuli cilik ada yang bermain dijalanan, cukup memprihatinkan.

"Kami Permai dengan inisiatif sendiri mendirikan sanggar bimbingan dengan harapan sedikit banyaknya bisa memberi pendidikan kepada mereka seperti layaknya anak anak WNI lainnya. Insyaallah ada banyak bantuan dari KBRI KL dan KJRI berupa buku pelajaran, alat alat tulis, meja, kursi dan dukungan moril," terangnya.

Masih dalam penuturannya mengatakan bahwa Eddy Virgo juga pada masa pandemic selalu memberi sumbangan sembako kepada masyarakat kurang mampu, donor darah dan inisiatif pengobatan/pemulangan WNI yang sakit kembali ke tanah air serta pemakaman bagi yang meninggal dunia di Malaysia.
 
Jiwa nasionalisnya kental terlihat dari beberapa prestasi yang telah dicapai oleh Permai dalam jangka waktu singkat. Sebab beliau sudah membuat Permai menjadi organisasi Non pemerintah dari Masyarakat - Indonesia pada perantauan di Negara jiran Malaysia ini cukup disegani oleh kalangan WNI maupun Pemerintah lokal. Sehingga barusan ini oleh pemerintah Kerajaan Malaysia Permai dipercaya berpartisipasi dalam rangka kegiatan World Clean Up Day (Hari Kebersihan Sedunia) atau dikenal Hari Gotong Royong pada Rabu (24/9/2022) lalu.

“Kami benar-benar dibuat kagum pada beliau, sebab Eddy Virgo adalah seorang pengusaha Non Muslim keturunan Tionghua namun berjiwa sosial, patriotis pembela NKRI, berwawasan luas, memiliki toleransi tinggi, mudah berinteraksi dan terbuka untuk adaptasi kepada hal-hal baru yang dianggap bermanfaat bagi Ahli Permai. Disamping itu beliau Suka berkontribusi kepada Masyarakat umum," jelas Rivai. 

Masih menurut Rivai bahwa dalam setiap pembicaraan dengan beliau selalu merendah dan sering terucap darinya bahwa ini baru permulaan saja, jalan masih panjang. Ini semua tidak akan terwujud jika bukan usaha dan jasa dari beberapa pengurus yang handal, setia dan mencintai Pertubuhan (Organisasi).

Menurut Eddy Virgo hal ini tidak terlepas dari jasa 4 pilar utamanya yaitu Khozaeni (wakil Presiden Permai), Ferdinand Murni ( Sekjen) , Agung Priatin (Sekjen) dan Mr. Edwin Legal Advisor serta beberapa AJK lainnya yang begitu setia pada organisasi, juga dukungan dari para ahli Permai. Sikapnya yang tidak pernah melupakan budi/jasa orang mermbuatnya sangat dicintai oleh semua kalangan.

Memang dirinya pecinta IT sejak Kuliah membuatnya tak pernah absen dalam mengikuti perkembangan tehnologi, Fintech, eCommerce, Blockchain, DeFi, Metaverse, NFT membuatnya selalu update dalam dunia technology.  

Eddy Virgo juga sempat diundang sebagai Panelis pada Forum Blockchain kelas dunia. Forum Blockchain, Noordum Forum Vitanje Slovenia 23 April 2019 di Slovenia dan StartUp European Regatta di Zagreb Kroasia 22-23 May 2019. Topic yang dibawanya “Blockchainized Voting System for Efficiency, Accuracy & Security toward Quality Democracy," tambahnya begitu mengagumi sosok Eddy Virgo.
Eddy Virgo Speaker dari Indonesia pada Forum diskusi Startup European Regatta di Kota Split ditepi Pantai Laut Mediterranean Kroasia

Namanya terukir sebagai pakar Blockchain di mediaTV dan Surat Kabar Zageb Kroasia yang Cukup membanggakan. Hal ini dikarenakan hasrat belajarnya sangat kuat dan dalam setiap kesempatan beliau selalu berpesan bahwa belajar itu tiada batas usia. Konon sekarang beliau mulai tekuni bidang Cell Therapy: StemCell, Exosome & NK Cell. selalu ikuti Forum dalam bidang Cell yg diselenggarakan University Kebangsaan Malaysia di Kuala Lumpur.
Surat Kabar Zageb Kroasia

"Kita penasaran ingin lihat prestasi apa lagi yang akan dicapainya nanti. Insyaallah pasti bakal membawa manfaat bagi kita semua," harap Rivai.

Beliau di kelilingi orang-orang Hebat

Saat kunjungan di hari pertama saja kami sudah dibuatnya kagum dengan mengajak makan seorang Prof Doktor Alwee bersama sutradara terkenal dari Hong-Kong Mr.C.L. Hor juga Founder & CSO Mbit Digital Sdn Bhd dan seorang Artist Hongkong gadis cantik, Produser Film Miss Sara Nattaya CEO Mbit Digital Sdn Bhd. di Restoran Khunthai,masakan Thailand di Teluk Kumbar di Pulau Penang.

“Kami kaget tanpa diberitahukan dari awal akan diperkenalkan kepada orang Top, Mr. C.L.Hor, Sutradara film-film Aksi yang dibintangi JackyChen, Chow Yun Fat, Simon Yam, IpMan dan bintang lainnya. Hasil Karya populernya Four Dragon (2008) , Loan Shark (2011), Gadis Jolobu ( 2022) dan puluhan film lainnya.
Bersama Sutradara Hor Chee Leong ( C.L. Hor) Film Director HongKong asal Perak Malaysia dan Produser. Saraleana Nattaya Azmi. Berdara Menado Sulawesi

Sambil makan kami bercerita akrab dengan produser Film Miss Sara Nattaya beliau menguasai 5 bahasa. Inggris, Mandarin, Indonesia, Canton dan Hokkien. Beliau mengaku berdarah Menado Sulawesi dan telah lama berkecimpung didunia perfilman di Hongkong sekarang partner dengan Suteradara C.L Hor sejak 2016 mendirikan perusahaan Mbit Digital Sdn Bhd dibidang Telco – Media Digital Industri. 

“Kami tidak menyia-nyiakan kesempatan emas itu dan mengundang mereka membuat shooting di Sumut sembari promosi objek wisata Sumut khususnya Kota Medan. “Kata Rivai bangga.

Keesokan harinya kami dikenalkan dengan beberapa pengusaha dari Malaysia untuk membicarakan penggalakan bisnis pariwisata ke Indonesia juga pertukaran mahasiswa/pelajar pada pasca pandemi ini. Agenda hari ke-3 yg cukup berkesan kami dibawa ke Pesantren An-Nahdhoh.
Foto bersama Seich Abdul Muttolib. Tuan guru Yayasan Annadoh

Walaupun Eddy Virgo seorang non muslim namun beliau tetap tekun ikuti ceramah ustad Seich Abdul Muttolib Tuan guru Yayasan Annadoh, malah turut memberi pandangan dengan Ustad. Ironisnya Beliau punya pemikiran sejalan dengan sang Uztad tentang konsep hidup.

REVLAN TOUR TANDA TANGANI MOU DENGAN PENGUSAHA MALAYSIA

Rivlan Tour Medan- Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata melakukan penanda tanganan Memorandum of Understanding (Mou) dengan PERMAI Malaysia yaang akan bekerjasama di bidang Tourism education, Research and Publication, community Servise dan Training and Education Training.
Penandatanganan MoU Revlan Tour dan Permai Malaysia di Penang

Kerjasama ini di harapkan mampu mewujudkan visi dan misi kedua belah pihak dalam meningkatkan Tourism, Education dan Social. 

“Kita berharap ini awal yang baik bagi Indonesia khususnya Sumatera Utara dalam meningkatkan pendapatan daerah melalui bidang Tourism, Education dan Social. Mudah-mudahan hal ini dapat berjalan tanpa ada kendala yang berarti” kata Rivai didampingi Ramlan Tanjung usai menandatanganan Mou dengan Eddy Virgo selaku presiden PERMAI-Malaysia. (Rel/rom)
Share:
Komentar

Berita Terkini