KKB Bakar Gedung Sekolah SMP di Pegunungan Bintang Papua, Warga Ketakutan Ngungsi ke Gereja

Editor: Hetty author photo
KKB bakar Gedung Sekolah SMP di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. 

PAPUA - Teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) membakar gedung sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Ulah KKB itu membuat warga ketakutan hingga akhirnya mengungsi.

"Tadi diamankan oleh TNI-Polri ke gereja. Lokasinya di kampung yang sama," kata Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito saat dihubungi, Selasa (14/12/2021).

Peristiwa pembakaran itu terjadi di Kampung Wambakom, Distrik Serambakom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, pukul 09.00 WIT. Gedung yang menjadi sasaran ialah SMP Negeri Serambakon.

Dia mengatakan saat ini kondisi di lokasi sudah kembali kondusif. Warga mengungsi hingga situasi benar-benar aman.

"Warga dikumpulkan di gereja, karena gereja tempat ibadah, tempat netral. Ada 50 orang infonya, dari anak-anak sampai pria dan wanita dewasa," ujarnya.

Sementara personel TNI-Polri telah kembali ke pos pengamanan.

"Aparat tidak ada terluka, warga juga tak ada terluka," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, teroris KKB di Kabupaten Pegunungan Bintang kembali berulah. Sehari setelah menembaki pos Brimob, teroris KKB membakar bangunan sekolah di Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang.

"Telah terjadi pembakaran gedung sekolah dan kontak tembak antara Satgas Pamrahwan Batalion A Resimen III Pelopor dengan Kelompok kriminal bersenjata," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, Selasa (14/12).

Peristiwa pembakaran itu terjadi pada hari ini pukul 08.30 WIT. Sebelum diketahui terjadi pembakaran sekolah, aparat mendengar terjadinya penembakan.

"Personel Satgas Pamrahwan Batalion A Resimen III Pelopor mendengar suara tembakan sebanyak tiga kali. Mendengar tembakan tersebut personel melakukan pemantauan dari mana arah tembakan," ujarnya.

Pada pukul 09.00 WIT, personel Satgas Pamrahwan melihat kumpulan asap yang membubung tinggi berasal dari bangunan SMP Negeri Serambakon. Bangunan sekolah itu dibakar oleh KKB.

Kemudian, pada pukul 09.30 WIT terdengar tembakan lagi beberapa kali yang mengarah ke Pos Satgas Pamrahwan dari jarak 700 meter. Personel Satgas Pamrahwan pun melakukan tembakan balasan hingga terjadi kontak tembak.

"Perlu diketahui, bahwa 1 hari sebelumnya, KKB juga sempat melakukan penembakan ke arah Pos Brimob Distrik Serambakon," ujar dia. (red/dtk)

Share:
Komentar

Berita Terkini