LSM YAC Minta Proyek Multi Years Jalan Samar Kilang - Pondok Baru Tidak Dikerjakan Asal-Asalan

Editor: Redaksi1 author photo


BENER MERIAH - Koordinator Lembaga Swadaya Masyarakat Youth Against Corruption (LSM YAC) Sadra Munawar minta pengerjaan mega proyek Multi Years Jalan Samar Kilang - Pondok Baru tidak dikerjakan asal-asalan. Hal ini Sadra sampaikan kepada media ini, Minggu (26/9/2021) . 

Sadra mengatakan untuk pekerjaan mega proyek multiyears harus dikerjakan dengan serius karena bagunan jalan ini akan melepas dari keterisoliran. Jadi pekerjaannya harus sesuai dengan dokumen perencanaannya. 

"Kami amati, pihak PT Medan Perkasa terkesan terburu-buru dalam mengerjakan pekerjaan tersebut. Mereka terkesan memburu kuantitas pekerjaan, padahal yang paling penting adalah kualitas agar tujuan awal mega proyek tersebut dapat dicapai. Yaitu melepas status Samar Kilang dari keterisoliran". Ujar sadra

Dirinya mengaku telah melakukan investigasi ke lapangan beberapa hari terakhir dan terlihat pelanggaran yang dilakukan oleh pihak perusahaan, baik dari sisi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), juga material yang diduga bukan dari galian C yang memiliki izin serta terganggu nya para pedagang di pinggir jalan. 

"Kita telah mengantongi dokumen-dokumen pelanggaran yang dilakukan oleh pihak perusahaan" Kata Sadra 

"Kita juga melihat pekerja yang tidak memperhatikan keselamatan kerja, padahal mereka bekerja diantara tebing-tebing yang sangat membahayakan, secara otomatis perusahaan telah melanggar UUD No. 1 Tahun 1970 Tentang Keselamatan Kerja". Lanjut Sadra

Pada kesempatan tersebut Dirinya juga menyoroti alat berat Multiyears yang sangat mengganggu masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang di pinggiran jalan arah Simpang Tiga-Pondok Baru. 

"Truk pembawa pasir dan bahan-bahan lainnya dari arah simpang tiga menuju tempat pekerjaan sangat mengganggu masyarakat sekitar badan jalan. Khususnya masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang, khususnya saat cuaca panas. Katanya 

"Mobil tangki air yang beroperasi sama sekali tidak mampu menutup debu yang dihasilkan oleh truk multiyears yang melintas". Tambahnya 

Minta penegak hukum Perketat Pengawasan 

Sadra Munawar meminta penegak hukum meningkatkan pengawasan terhadap PT Medan Perkasa agar tidak berbuat curang dalam mengerjakan Mega Proyek yang menelan APBA Ratusan Miliar tersebut. 

"Selanjutnya saya meminta penegak hukum untuk menelusuri pelanggaran yang terjadi juga meningkatkan pengawasan terhadap pekerjaan ini". Katanya 

Sadra melanjutkan, berdasarkan aturan yang berlaku, bahwa setiap kegiatan proyek pembangunan harus menggunakan material galian C yang resmi. Sebagaimana Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang perubahan atas UU nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, berbunyi bahwa yang dipidana adalah setiap orang yang menampung/pembeli, pengangkutan, pengolahan, dan lain lain. (Erwin)

"Kami juga mendapat informasi pihak PT Medan Perkasa telah pembangunan Crusher di Bener Meriah, kalau ini benar terjadi, besar kemungkinan mereka belum mengantongi izin" Katanya Lagi.

Minta Gubernur Cek Langsung Pengerjaan Proyek

Sebagai putra daerah wilayah tengah Aceh, Gubernur Aceh Nova Iriansyah juga diminta untuk meninjau kelapangan guna untuk maksimalisasi pekerjaan dan percepat pengerjaan.

"Saya juga minta gubernur Aceh, meninjau ke lokasi pekerjaan agar perusahaan tidak "main-main" dalam bekerja" Pungkas Sadra. (Erwin)

Share:
Komentar

Berita Terkini