Harga Vaksin Covid-19 Mandiri Untuk Tahun Depan Ditentukan Menkes

Editor: Hetty author photo

Ilustrasi gambar.

JAKARTA - Pemerintah tengah mematangkan rencana vaksinasi Covid-19 secara mandiri alias berbayar tahun depan. Vaksinasi berbayar tersebut diberikan untuk masyarakat dengan kategori ekonomi mampu.


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, penetapan harga vaksin mandiri untuk tahun depan akan ditentukan oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Demikian juga untuk jenis vaksin yang akan digunakan.


"Mengenai harganya Pak Menkes yang akan menentukan. Meski mandiri dan berbayar sendiri, ini harganya akan ditetapkan Kementerian Kesehatan," kata Sri Mulyani, Jakarta, ditulis Kamis (26/8.


Pengadaan program vaksinasi mandiri ini, kata Sri Mulyani, ditujukan untuk masyarakat yang membutuhkan booster. Hal tersebut seiring berubahnya status pandemi Covid-19 menjadi endemi.


"Pak Menkes nanti akan menentukan mereknya apa saja, namun kita berharap tahun depan kita sudah bisa produce vaksin Merah Putih. Termasuk yang nanti di pengadaan (vaksin gratis) dari pemerintah yang kita harap bisa mendukung kenaikan atau pengadaan untuk vaksin Merah Putih," katanya.


Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, pemerintah masih membahas mekanisme masyarakat yang bisa menerima vaksin mandiri akan didiskusikan lebih lanjut. Rencananya, khusus masyarakat miskin yang menjadi penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan, akan diberi vaksin gratis.


"Karena ini nanti akan melibatkan BPJS, yang mana yang mandiri dan yang mana yang akan gratis. Kita diskusi dengan Pak Menkes dan BPJS kesehatan," tandasnya.


Sumber : merdeka.com

Share:
Komentar

Berita Terkini