Tingkatkan Kualitas Pendidikan Anak, Bunda Paud Aceh Ikuti MoU Pendidikan PAUD Holistik Integratif

Editor: Romeo galung author photo

GAYO LUES – Pengurus Bunda PAUD Kabupaten Gayo Lues menghadiri penandatanganan MOU berbasis pendidikan holistik integratif secara virtual dengan serentak di-seluruh Kabupaten se-Aceh, Jum’at (28/5/2021).

Pada pertemuan yang dilakukan secara daring tersebut, Bunda PAUD Aceh, Dyah Erti Idawati

menyampaikan akan pentingnya pendidikan usia dini bagi para generasi-generasi penerus. Dia menyampaikan bahwa PAUD memegang peranan sebagai upaya pengoptimalan potensi dan bakat anak di usia dini. 

Berdasarkan pada hal ini, pemerintah Aceh berkerja sama dengan berbagai pihak membangun PAUD Holistik Integratif (HI) demi meningkatkan kualitas pendidikan anak di Aceh. 

“Pendidikan anak usia dini haruslah kita optimalkan, baik dari infrastuktur, tenaga pendidik maupun asupan gizi anak, inilah yang menjadi fokal poin yang di usung dalam PAUD Holistik Intergratif” ujar Dyah Erti Idawati.

Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT turut menyampaikan komentarnya, menurutnya dengan kondisi Indonesia yang jumlah penduduk usia produktifnya mencapai angka 70% harusnya kesejateraan sudah ada dalam genggaman, namun kondisi lapangan berbanding terbalik dengan angka yang ditampilkan. 

Hal ini karena mirisnya kondisi pendidikan, kurangnya ilmu pengetahuan dan pengembangan bakat individu. 

Hal ini menjadi latar belakang terbentuknya pendidikan berbasis holistik ini. Lebih lanjut ia menambahkan, jika peningkatan kuantitas dan kualitas penduduk usia produktif berbanding lurus, maka peningkatan kualitas perekonomian masyarakat dan pendapatan daerah juga dapat dioptimalkan. 

“Saat ini Indonesia berstatus bonus demografi, dimana usia produktif mendominasi populasi masyarakat kita, namun, kualitas dari pada penduduk masih buruk, banyaknya pengangguran dan tingkat kriminal oleh anak dibawah umur, maka pendidikan dini perlu dilakukan, penanaman nilai moral dan nilai-nilai tauladan perlu dikenalkan sejak dini” jelasnya.

Menutup pertemuan tersebut, Nova mengharapkan adanya sinergitas yang berkelanjutan antar-pihak dan instansi terkait, demi tercapainya tujuan program PAUD HI ini. (Daud)

Share:
Komentar

Berita Terkini