Pesta Partangiangan Dan Budaya Luhutan Bolon Parsadaan Ualu Turpuk Pomparan Raja Silahi Sabungan Bolahan Amak Dabariba Raja Sukses Dilaksanakan

Editor: Redaksi1 author photo


SILALAHI - Pesta Partangiangan Dan Budaya Luhutan Bolon Parsadaan Ualu Turpuk Pomparan Raja Silahi Sabungan Bolahan Amak dabariba Raja 2021 sukses dilaksanakan. 

Adapun tujuan dilaksanakannya pesta budaya dan syukuran ini adalah sebagai ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah dan berkat-Nya kepada seluruh Pomparan Raja Silahi Sabungan di manapun berada.  

Kegiatan ini sekaligus sebagai simbol persatuan dan kesatuan untuk melestarikan semua Peninggalan sejarah dan nasehat mulia yang diwariskan Raja Silahi Sabungan yaitu Poda Sabu Sagu Marlangan. Poda ini bermakna kasih yang diberikan kepada Seluruh Pomparan Raja Silahi Sabungan untuk dilaksanakan.


Pesta budaya dan syukuran yang dilaksanakan sejak tahun 1981 ini dilaksanakan oleh 8 orang putra  keturunan Raja Silahi Sabungan yaitu Loho Raja, Tungkir Raja, Sondi Raja, Butar Raja, Dabariba Raja, Debang Raja, Batu Raja dan Tambun Raja. Dan Tahun ini yang menjadi panitia adalah anak ke 5 yaitu Dabariba Raja dengan Ketua panitia pesta, Ir. Wilmar Sinabariba, Sekretaris Justiman Sidabariba dan Bendahara Kasman Sinabariba. 

Selanjutnya BPH DPP Parsadaan Ualu Turpuk Pomparan Raja Silahi Sabungan (PUTPRS) melalui Sekjen, Firmauli, SH., MH melantik DPP Naposo Parsadaan Ualu Turpuk Pomparan Raja Silahi Sabungan Indonesia atau disingkat dengan (NPUTPRS) di halaman Tugu Makam Raja Silahi Sabungan (TUMARAS), Desa Silalahi Kecamatan Silalahi Nabolak, kabupaten Dairi.

Pelantikan ini disaksikan langsung oleh Raja Raja Turpuk Loho Raja - Tambun Raja, Mayjen (Purn) Haposan Silalahi, Camat Silalahi Nabolak Bpk. Hamaska Silalahi, Kapolres Kabupaten Dairi, Dandim Kabupaten Dairi, dan juga Bupati Dairi Bpk. Eddy K Berutu, juga disaksikan oleh Pomparan Raja Silahi Sabungan Yang datang dari seluruh Penjuru Wilayah.

BPH DPP NPUTPRS Yang Terpilih telah berjalan melalui mekanisme yang baik dan saat ini sudah ada 20 Wilayah di seluruh wilayah Indonesia yang telah bergabung didalam nya.

Adapun struktur Kepengurusan BPH DPP NPUTPRS sebagai berikut :

Ketua Umum : One Virgo Agus Yes Sidabariba, S.Pd., AFA

WaKetum : Rido Agus Chandra Sinurat, ST

Sekretaris Umum : Raymon Anggiat Tonggi Sigiro, ST

Wasekum : Alvin Athur Steven Sinurat

Bendahara Umum : Sugestina br Silalahi

Dalam sambutannya Ketua Umum terpilih mengatakan bahwa NPUTPRS siap melaksanakan mandat yang diberikan DPP melalui Sekjen Firmauli Silalahi, SH., MH untuk tetap memperhatikan Silalahi Nabolak dimanapun berada. NPUTPRS juga sangat merespon baik semua program Bupati Dairi untuk memajukan kawasan Silalahi Nabolak. (Rel)

Share:
Komentar

Berita Terkini