Bupati Gayo Lues Ikuti Rapat Koordinasi Dengan Mendagri Via Vidcon

Editor: Redaksi1 author photo


GAYO LUES - Pemkab Kabupaten Gayo Lues melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian. Rakor yang berlangsung melalui Video Conference (Vidcon) ini membahas mengenai evaluasi Perkembangan Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM MIKRO), Senin (14/6/2021). 

Dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam pidatonya via Vidcon tersebut menyampaikan, mulai tanggal 15-28 Juni 2021 untuk Daerah zona merah agar pengambilan keputusan bisa dilakukan secara cepat dan bisa dilakukan penebalan PPKM di wilayah-wilayah merah. 

Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo  pada  rapat terbatas yang digelar Minggu (13/6/2021) secara virtual. Dalam kesempatan tersebut Presiden juga meminta kerja sama pusat dan daerah dalam upaya pengendalian peningkatan kasus Covid-19 ini diperkuat,jelas Menko Perekonomian.

“PPKM Mikro, tanggal 15-28 Juni untuk di Daerah zona merah  agar dilakukan penebalan dengan berkoordinasi  sama TNI/Polri dari Dandim dan Kapolres untuk mengkoordinasikan PPKM, pengambilan keputusan bisa dilakukan secara cepat dan bisa dilakukan penebalan PPKM dan di wilayah-wilayah zona  merah bisa diisolasi,” ungkap Airlangga Hartarto dalam rakor tersebut.

Lebih Lanjut Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menerangkan, sesuai instruksi Presiden maka berdasarkan Tren kenaikan kasus maka perlu dilakukan peningkatan kapasitas tempat tidur diseluruh rumah sakit ditingkatkan 40 %, khususnya Kabupaten/Kota dengan zonasi merah dan bed occupancy rate (BOR) diatas 60 %, jelasnya.

Disamping itu Menko Perekonomian juga mengingatkan, Forkompimda harus mendampingi Kepala Daerah dan khususnya Kepala Dinas Kesehatan dalam mengendalikan kasus Covid-19 di daerah. Kata Menko Perekonomian Presiden Jokowi juga mengingatkan agar penerapan protokol kesehatan betul-betul dicek dan dikontrol, termasuk mengenai kedisiplinan penggunaan masker. Pasalnya dari kajian ini bisa menurunkan risiko sampai dengan 98,5% dari risiko penularan Covid-19, terang  Airlangga Hartarto.

Airlangga Hartarto juga mengharapkan kepada para  Bupati/Walikota agar trennya dikendalikan agar tidak mengganggu pemulihan ekonomi dan diperlukan kekuatan kerjasama antara Pemerintah Pusat dan Daerah terutama penebalan dari PPKM Mikro, terus diperpanjang sambil dilakukan evaluasi”, tandas Menko Perekonomian yang juga merupakan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Bale Pendopo Bupati Gayo Lues dan dihadiri oleh Bupati H. Muhammad Amru yang didampingi oleh Wakil Bupati H. Said Sani, Dandim 0113/Gayo Lues Letkol Inf.Yudhi Hendro Prasetyo, Kapolres CarlieSyahputraBustamam, S.IK, M.H., Kajari Ismail Fahmi, S.H., Kadis Kesehatan Riadus Shalihin, SKM., Ketua Mahkamah Syar’iyah T. Swandi, S.H.I M.H., dan pihak terkait lainnya.

Pada kesempatan ini, terlihat Bupati Gayo Lues bersama jajarannya dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Gayo Lues, mendengarkan apa yang dipaparkan oleh Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian dan menteri lainnya, mengenai evaluasi PPKM tersebut. Item item yang dipaparkan oleh Menteri Dalam Negeri tersebut, tentunya akan diterapkan oleh Pemda Gayo  Lues. (Daud)

Share:
Komentar

Berita Terkini