Bikin Garuk Kepala! Begini Bentuk Pembangunan Jamban Senilai Rp 500 Juta di Desa Sifalaete Ulu

Editor: Romeo galung author photo

GUNUNG SITOLI - Bantuan pemerintah untuk pembangunan desa melalui program Anggaran Alokasi Dana Desa dan DD yang dikucurkan di setiap desa dengan jumlah yang besar dapat membangkitkan ekonomi masyarakat desa untuk lebih baik.

Namun hal lain berbeda dengan kejadian di Desa Sifalaete Ulu Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli. Pasalnya di desa tersebut ditemukan pembangunan jambanisasi atau MCK yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2020 senilai Rp 500 Juta tidak bisa dimafaatkan masyarakat. Terlebih lagi pembangunannya mirip kuburan, dimana MCK tidak memiliki penutup. 

Salah seorang warga di Kecamatan Gunungsitoli merasa kecewa dan meminta agar Kepala Desa dan TPK-nya  mempertanggung jawabkan anggaran yang dipakai. Dan jikalau hal ini tidak diindahkan maka disarankan kepada semua pihak untuk melaporkan segera hal ini karena terindikasi korupsi. 

"Silahkan seret segera oknum Kades dan TPK nya ke penegak hukum, sebab ADD/DD tersebut bukan untuk foya-foya atau untuk memperkaya diri oknum tertentu," pintanya. 

Ia menegaskan bahwa pembangunan Jambanisasi atau MCK seharusnya dilaksanakan hingga selesai tahap akhir. 

"Tidak mungkin hal tersebut terjadi dan disepakati oleh pihak lembaga yang ada didesa. Setau saya bahwa pembangunan jambanisasi atau MCK di desa dilakukan sepenuhnya hingga selesai tahap akhir. Artinya karena melihat hal ini menjadi kebutuhan prioritas di desa maka semestinya pembangunannya tidak dilakukan setengah - setengah," tegasnya. 

Dilokasi terpisah, Ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Kepala Desa Sifalaete Ulu Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli, Syukur Niaman Telaumbanua mengatakan bahwa pembangunan itu dilakukan atas kesepakatan lembaga di desa serta hasil musyawarah antar perangkat dan BPD Desa.

"Hal tersebut tidak ada masalah karena semua pihak sudah setuju bahkan tidak ada pihak yang keberatan, tandasnya mengakhiri," katanya. (Delianus)

Share:
Komentar

Berita Terkini