Viral! Turis di Bali Rental Motor Terobos Trotoar dan Terjatuh

Editor: Redaksi1 author photo
Viral! Turis di Bali Rental Motor Terobos Trotoar dan Terjatuh
Tingkah nyeleneh sejumlah warga negara asing (WNA) di Bali sudah menjadi sorotan sejak beberapa waktu terakhir. Pada akhir bulan lalu, ada perilaku WNA yang tidak pantas untuk ditiru saat berkendara di salah satu jalanan di Bali.

Terlihat WNA ini tidak sabar saat menghadapi kemacetan, sehingga memutuskan untuk berkendara semaunya dengan jalan di atas trotoar hingga membuat motornya lompat-lompatan dan terjatuh, seperti dilansir dari unggahan akun Instagram @badungpunyacerita.

Jika melihat fenomena yang ada saat ini, beberapa turis asing kerap ugal-ugalan ketika berkendara di Bali. Mungkin, sebagian dari mereka bahkan tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk mengendarai sepeda motor di negara asalnya, sehingga ketika mereka berada di Indonesia, mereka terlihat seperti orang yang tidak paham cara berkendara.

Melihat kejadian ini seorang turis asing (bule) terlihat menggunakan motor Honda Vario dengan jaket Grab yang entah didapat darimana. Insiden bermula ketika ia berusaha untuk melewati mobil yang ada di depannya di tengah jalanan yang sedang padat. Akibatnya, ia memutuskan untuk menerobos masuk ke jalanan beton dan berbatuan yang biasanya digunakan oleh pejalan kaki.

"Satu lagi kelakuan WNA saat mengendarai sepeda motor yang bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain, hati-hati mister," tulis admin dalam keterangan videonya.

Demi mengebut, dia rela menghadapi berbagai rintangan seperti bebatuan, rumput gersang, kerikil, dan bahkan beton trotoar besar yang menyebabkan motornya meloncat ke udara. Tindakan sembrono ini tidak hanya membahayakan pengguna jalan raya, tetapi juga toko-toko yang berjualan di sisi jalan.

Postingan tersebut disambut ribuan komentar warganet. Tidak sedikit warganet Indonesia yang mengkritik perilaku bule tersebut. Di sisi lain, ada juga yang mengaku tertawa terbahak-bahak saat menonton video tersebut.

"Itu spek matic pa bukan spek trail yang siap melibas halangan rintangan (emot batu)," tulis warganet.

"Video yang membuat para pemilik rental motor beramai-ramai alih profesi jadi pedagang parfum atau buka kios plat stempel," kata warganet yang lain.

"Kang rental menangis dipojokkan, penyewa domestik susah dapat motor, lebih banyak yang menyewakan ke foreigner," timpal yang lainnya.

Bicara aturan, sebenarnya Bali rencananya akan melarang wisatawan mancanegara menyewa maupun mengendarai motor saat pelesiran di Bali mulai tahun ini. Aturan tersebut akan tercantum dalam Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Tata Kelola Kepariwisataan Bali.

"Jadi meminjam atau nyewa itu tidak diperbolehkan lagi. Itu memang diterapkan mulai 2023 ini," ujar I Wayan Koster mantan Gubernur Bali, Maret lalu. 

Sumber : detik.com
Share:
Komentar

Berita Terkini