Proyek Pipanisasi Mangkrak Sejak 2019, Aliansi Warga Desa Tongging Ancam Tempuh Jalur Hukum

Editor: Redaksi1 author photo
Proyek Pipanisasi Mangkrak Sejak 2019, Aliansi Warga Desa Tongging Ancam Tempuh Jalur Hukum 


Perianto Munthe : "Kami sangat butuh air bersih"
TANAH KARO - Aliansi Warga Desa Tongging Kecamatan Merek, Kabupaten Karo kesal dengan proyek pipanisasi yang mangkrak. Akibatnya, saat ini warga kekurangan air bersih. Dan hal ini diperparah dengan terus dikeluarkannya anggaran untuk perawatan, sehingga warga menduga adanya penyelewengan dana Proyek Pipanisasi yang berasal dari APBDes sejak 2019. 

"Jika tuntutan kami tidak dipenuhi, kami warga akan menempuh jalur hukum, melaporkan permasalahan ini ke Kejari Tanah Karo atau ke Tipidkor Polres Tanah Karo," ujar Ketua Aliansi Desa Tongging, Perianto Munthe, Senin (20/11/2023). 

Perianto menjelaskan bahwa warga telah berulangkali menyampaikan keluhannya untuk segera memperbaiki proyek pipanisasi sehingga warga tidak kekurangan air bersih kepada pihak desa dan kecamatan.  

"Kita Sudah beberapa kali menyampaikan kepada Kepala Desa Tongging, baik BPD dan Staf-staf Desa agar diperbaiki sesegera mungkin penyaluran air bersih ke rumah-rumah warga. Sebelumnya juga sudah dua kali kita sampaikan saat musrembang desa mengenai penyaluran air bersih ke rumah warga," jelasnya didampingi Sekretaris, Asril Sijabat dan Bendahara, Adi Munthe. 

Warga desa juga sempat melaporkan mangkraknya proyek pipanisasi, Camat Merek meminta warga untuk mengusut dugaan dana terselubung dan melaporkan kasus ini ke pihak berwenang. 

"Silahkan usut jika begitu, sepertinya ada dana terselubung di desa ini, biar lebih lanjutnya kita teruskan pihak berwenang atau ke inspektorat," terang Perianto menirukan ucapan Camat.

Salah seorang warga, Maringan Simanjorang merasa dirugikan dengan kinerja pihak Desa dimana pembangunan proyek pipanisasi mangkrak sejak tahun 2019 silam tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

"Ditanah saya dibangun penampungan air tanpa ada biaya ganti rugi tapi tidak saya harapkan, saya berharap penampung air difungsikan demi kebutuhan warga. Padahal setahu saya dari dana APBDES setiap tahun dikeluarkan untuk pembangunan dan perawatan pipanisasi desa," bebernya.

Harapan Aliansi Warga Desa Tongging agar secepatnya dilakukan atau dilaksanakan penyaluran air bersih ini ke rumah warga. 

"Kami sangat butuh air bersih, terlebih lebih desa Tongging ini dikelilingi mata air. Mohon instansi yang terkait, pedulikah anda kepada kami," harap warga mengakhiri. (Abet)
Share:
Komentar

Berita Terkini