Berani Tampil Beda

Gawat! Petugas Disdukcapil Palsukan e-KTP dan KK

ilustrasi.

SOLO– Seorang petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Surakarta ditangkap polisi diduga telah memalsukan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK). Dalam aksinya, ia mendapat imbalan Rp500 ribu dari para korban.

Petugas Disdukcapil itu yakni, Rian Riansyah (35) yang bertugas sebagai operator pencetak e-KTP di Kantor Kecamatan Laweyan. Rian berstatus sebagai Tenaga Kontrak dengan Perjanjian Kerja (TKPK).

Dalam aksinya, Rian mencetak e-KTP dan KK tanpa melalui prosedur, sehingga tidak terdeteksi dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

“Seharusnya semua pembuatan e-KTP harus melalui SIAK. Namun pelaku ini tidak pakai, jadi Nomor Induk Kependudukan (NIK)-nya palsu,” kata Kepala Dispendukcapil Surakarta, Yohanes Pramono, Kamis (7/11/2019) seperti dilansir detik.com.

Pihaknya mengetahui kasus tersebut setelah Rian mendapat surat pemeriksaan dari kepolisian yang dikirim melalui Dispendukcapil. Rian akhirnya mengundurkan diri pekerjaan per 1 November 2019.

“Dia sudah lima tahun lebih bekerja di Dispendukcapil. Sebelumnya, yang bersangkutan bertugas di Kantor Kecamatan Pasar Kliwon, mulai 2019 pindah ke Kantor Kecamatan Laweyan,” terangnya. (dtc)

3G

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

close
banner iklan melayang