Berani Tampil Beda

KPUD Nias Selatan Gelar Simulasi Pemungutan Suara Pilkada 2020

 

NIAS SELATAN – Jelang pelaksanaan kegiatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020, KPUD Nias Selatan menggelar simulasi pemungutan suara di Halaman Rumah Adat Desa Bawomataluo Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias, Sabtu (21/11/2020).

Terlihat petugas KPU menyiapkan berbagai perlengkapan tempat pemungutan suara (TPS). Di depan pintu masuk menuju TPS diberi garis batas antrean pencoblos dengan jarak renggang, di samping TPS pun ditempeli contoh kertas suara serta daftar pemilih

Adapun yang membedakan dari pemungutan suara sebelumnya adalah penerapan protokol kesehatan yang ketat karena pencoblosan dilakukan saat pandemi Corona.

Setiap warga yang hendak menyalurkan hak suara terlebih dahulu harus cuci tangan dan menjalani pemeriksaan suhu tubuh. Pembatasan jumlah pemilih juga diterapkan demi mencegah terjadinya kerumunan.

Warga juga diwajibkan untuk menggunakan sarung tangan selama proses pencoblosan. Tidak hanya penerapan protokol kesehatan yang ketat, KPUD Nias Selatan juga menggelar simulasi penghitungan surat suara menggunakan aplikasi sistem informasi rekapitulasi atau Sirekap. Aplikasi tersebut sengaja diterapkan untuk meminimalisasi kontak fisik.

Selain itu sistem Sirekap tersebut juga dinilai lebih cepat dan efisien sehingga diharapkan mampu meminimalisir kesalahan penghitungan yang berguna untuk membaca dan mengonversi data rekapitulasi dari bentuk fisik yakni formulir C1 Plano menjadi data elektronik.

“Semoga pemilih pada hari haknya datang semua di TPS untuk memberikan hak suaranya dan wajib mematuhi protokol kesehatan,” harap
Pjs Bupati Nias Selatan, Ria Novida Telaumbauna.

Tambahnya, PNS itu wajib netralitas, bagi yang tidak netral itu ada sanksinya Ria Novida Telaumbauna, sangat optimis bahwa pilkada yang di gelar pada tanggal 9 Desember 2020 berjalan dengan baik, aman dan tertip sehingga sukses tanpa ada konflik. (Saksikan Sarumaha)

Subscribe kami. Anda akan berlangganan informasi berita terbaru.

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.