Berani Tampil Beda

Serap Aspirasi Masyarakat, Kepala Dusun Satu Desa Hilifarokha Lawa Gelar Musdus

 

NIAS SELATAN – Kepala Dusun Satu beserta Tim RPJMDes Desa Hilifarokha Lawa, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan menggelar Musayawarah Dusun (Musdus) dalam rangka menggali gagasan dan menyerap aspirasi warga dalam rangka Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Periode 2020-2025 Selasa, (15/09/2020).

Musdus ini merupakan tahapan awal dalam proses perencanaan pembangunan Desa, dimana hasil musyawarah dusun ini menjadi acuan bagi Pemerintah Desa dalam menentukan kebijakan pembangunan desa disetiap tahunnya.

Kepala Dusun Satu, Sabarudin Sarumaha membuka musyawarah dusun guna mendengar usulan warga tentang perencanaan pembangunan desa.

“Musyawarah dusun ini sangat penting bagi kita sebagai masyarakat setempat untuk mengemukakan pendapat dan usulan baik pada rencana kegiatan Pembangunan Desa dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, karena memberikan usulan pembangunan itu akan dituangkan dalam pelaksanakan Penyusunan RPJMDes sebagai pedoman Kepala Desa untuk membangun Desa Hilifarokha Lawa yang tercinta.” katanya.

Acara Musyawarah Desa berjalan lancar, dinamika Musdus terlihat dengan munculnya berbagai usulan dari peserta rapat yang mewakili masing-masing kelompok.

Lanjut Sabarudin, pemerintah Desa selanjutnya akan menggelar Musyawarah Desa (Musdes) untuk menetapkan  usulan-usulan tersebut, untuk dimasukkan menjadi kumpulan usulan yang dimuat dalam RPJMDes sebagai pedoman Kepala Desa dalam membangun Desa 5 Tahun kedepan.

Dimana kegiatan tersebut merupakan kewajiban desa agar perencanaan pembangunan dapat dirancang dengan melibatkan seluruh komponen yang ada di Desa Hilifarokha Lawa.

Musyawarah dusun ini dimulai pukul 08.00 WIB, bertempat di rumah Bapak Sabarudin Sarumaha (Kadus Satu), cukup banyak usulan yang disampaikan oleh warga dalam rapat ini sehingga rapat berakhir pukul 12.15 WIB.

Dalam suasana keakraban Musdus berjalan dengan khidmat yang dihadiri oleh Anggota BPD, Kepala Dusun Dua, Pengurus LAD, LPM, Tim Penyusun RPJMdes, Perangkat Desa, Pemuda setempat, Tokoh Wanita dan Tokoh masyarakat. (Saksikan Sarumaha)

Subscribe kami. Anda akan berlangganan informasi berita terbaru.

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.