Berani Tampil Beda

PB ALAMP AKSI Minta Poldasu Usut Tuntas Dugaan Praktik Pungli di Dinas Lingkungan Hidup Sumut

 

MEDAN – Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Pengurus Besar Aliansi Mahasiswa dan Anti Korupsi (PB-ALAMP AKSI) menggelar aksi unjuk rasa di 3 titik di Kota Medan. Meminta dan mendesak Polda Sumut untuk segera mengusut tuntas adanya dugaan pungutan liar di Dinas Lingkungan Hidup Sumut, Jumat (22/1/2021)

Aksi unjuk rasa dimulai di halaman Mapolda Sumatera Utara sekitar pukul 08.30 WIB, yang kemudian dilanjutkan di halaman Kantor Gubernur Sumatera Utara sekitar pukul 10.00 WIB.

Sambil membentangkan spanduk yang bertuliskan desakan kepada aparat penegak hukum agar mengusut tuntas dugaan pungutan liar yang dilakukan oknum pejabat dilingkungan berinisial BS.

“Kedatangan kami ke Dinas Lingkungan Hidup Sumut adalah menyampaikan aspirasi terkait dugaan penyalahgunaan wewenang dan jabatan yang dilakukan Plt Dinas Lingkungan Hidup Sumut saat menjabat Kadis Lingkungan Hidup Sumut,” ujar Ketua Umum, PB ALAMP AKSI, Eka Armada Danu Saptala.

Eka menjelaskan, adapun dugaan penyalahgunaan wewenang dan jabatan tersebut dilakukan oleh Plt Kadis Lingkungan Hidup Sumut dan Kasi Pengaduan dan PSLH.

“Penyalahgunaan wewenang dan jabatan yang kami maksud adalah adanya pemanggilan terhadap beberapa pihak pengusaha terkait pengelolaan lingkungan hidup yang seharusnya merupakan wewenang dari penyidik yang ada di Dinas Lingkungan Hidup bukan wewenang seorang Kasi Pengaduan dan PSLH,” jelasnya.

Dalam orasinya, Eka berharap Gubernur Sumatera Utara untuk mengevaluasi Plt Kadis Lingkungan Hidup Sumut dan meminta Polda Sumatera Utara untuk memproses laporan dugaan korupsi ataupun pungutan liar.

“Kita berharap kiranya Gubernur Sumatera Utara segera mengevaluasi Plt Kadis Lingkungan Hidup dan berharap kepada Polda Sumatera Utara untuk memproses secara hukum dugaan-dugaan penyalahgunaan wewenang dan jabatan ini,” harapnya mengakhiri.

Diakhir orasi, massa aksi pun diterima oleh perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Sumut, Akmal yang berjanji akan menyampaikan aspirasi mahasiswa kepada atasannya.

“Aspirasi adik-adik akan saya sampaikan,” ujarnya singkat.

Dalam orasinya, PB ALAMP AKSI mendesak Polda Sumut segera mengusut tuntas dugaan pungutan liar yang dilakukan Plt Kadis Lingkungan Hidup Sumut, mendesak Poldasu segera menangkap BS terkait penyalahgunaan wewenang jabatan, meminta Gubsu mengevaluasi Plt Kadis Lingkungan Hidup Sumut dan meminta Komitmen Gubsu untuk mengembalikan martabat Sumatera Utara dalam pemberantasan pungutan liar. (Rom)

Subscribe kami. Anda akan berlangganan informasi berita terbaru.

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.