Berani Tampil Beda
Iklan Tahun Baru Sinuraya

Kodim 0311/Pessel Tanam Akar Wangi di Sumatera Barat

Kodim 0311/Pessel yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Syawal, Kodim 0311/Pessel lakukan penanaman akar wangi (Vertiver). Penanaman tersebut bertujuan guna mengantisipasi bencana longsor akibat curah hujan yang tinggi.

 

Bertempat di bukit PDAM nagari Painan Timur kecamatan IV jurai Kabupaten Pessel Provinsi Sumatera Barat,pada Selasa (4/2/2020), Kegiatan dihadiri oleh Prajurit TNI, BPBD Kabupaten Pessel, Wali Nagari Painan Timur,serta tokoh masyarakat dan pemuda setempat.

 

Kasdim mengungkapkan, penanaman akar wangi (Vetiver) ini bertujuan sebagai aplikasi yang berkelanjutan dari program mitigasi bencana di wilayah teritorial kodim 0311/Pessel.

 

“Dilakukan sebagai aplikasi langsung dari kelanjutan program mitigasi bencana dari Kodim 0311/Pessel untuk mengantisipasi ancaman bencana longsor akibat curah hujan yang tinggi karena akar tanaman ini memiliki kekuatan ikat yang cukup baik untuk menahan tanah,” ungkap Kasdim.

 

Selain itu beliau juga menambahkan tanaman akar wangi sangat bagus untuk menahan tanah,serta dapat tumbuh diberbagai kondisi tanah dengan subur.

 

“Akar wangi termasuk tanaman yang mudah hidup tanpa memilih-milih kondisi tanah,baik itu di perbukitan, dataran tinggi, dataran rendah maupun di daerah rawa,” tambahnya”.

Sementara itu Wali Nagari Painan Utara Patrial Dt Rajo Johan mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih karna sudah memilih Nagari mereka sebagai lokasi penanaman akar wangi.

 

 

“Terima Kasih kami ucapkan kepada Kodim dan jajaran karna sudah memilih nagari kami sebagai lokasi penanaman akar wangi, yang mana manfaat tanaman ini sangat banyak salah satunya dapat mencegah longsor yang memang wilayah kami memiliki kemungkinan yang cukup tinggi akan hal tersebut,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Yen Indra  kasi pengadaan badan penanggulanggan bencana daerah (BPBD) menambahkan program penanaman akar wangi ini sangat penting dilakukan dikabuoaten pesisir selatan.

 

“Wilayah kita merupakan daerah yang rawan terjadi bencana baik itu,banjir, longsor angin puting beliung yang tersebar diseluruh nagari yang dapat terdampak bencana tersebut,” tambahnya. (Red)
3G
Iklan Tahun Baru Ricardo

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

close
banner iklan melayang