Berani Tampil Beda

Musrenbang Kecamatan, Wakil Bupati Prioritaskan Kepentingan Masyarakat

 

GAYO LUES – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan merupakan forum musyawarah tahunan antara para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkat Kecamatan untuk mendapatkan masukan dan saran mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan, yang didasarkan pada masukan dan saran dari hasil musyawarah perencanaan pembangunan desa.

Demikian disebutkan Wakil Bupati Gayo Lues,H Said Sani, pada pembukaan Musrenbang RKPK Kecamatan Tahun 2021, Jumโ€™at (19/2/2021) di Balai Pendopo Bupati setempat.

Dikatakannya, masukan sekaligus saran tersebut merupakan dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) yang berwenang, sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) pada tahun 2022.

Melalui Musyawarah Rencana Pembangunan ini, sebut Wakil Bupati, harus mensinergikan dan menyepakati prioritas usulan-usulan yang berasal dari hasil musyawarah perencanaan pembangunan tingkat desa.

Sebab, Musrenbang Kecamatan tidak hanya menyepakati prioritas masalah yang ada di tingkat kampung tetapi juga untuk menghasilkan prioritas, persoalan dan kegiatan yang menjadi urusan dan kewenangan wajib dan pilihan serta merupakan sarana pendidikan bagi warga masyarakat agar menjadi bagian aktif dari tata pemerintahan dan pembangunan.

Dikatakannnya lagi, salah satu aspek penting pembangunan di Kabupaten Gayo Lues melalui pendekatan berlandaskan orientasi partisipasi masyarakat, artinya masyarakat adalah sebagai pelaku dan sekaligus pihak yang mendapatkan manfaat dari program kegiatan yang akan dilaksanakan.

โ€œUntuk itu kami sangat mengharapkan peran aktif masyarakat mulai dari proses, perencanaan, pengendalian dan pemeliharaan hasil-hasil pembangunan,โ€ katanya.

Wakil Bupati Gayo Lues juga menghimbau agar dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan ini lebih cermat dan sinergis dalam menentukan skala prioritas program/kegiatan yang benar-benar dibutuhkan, sehingga mampu memberikan nilai tambah dalam upaya percepatan pembangunan infrastruktur, ekonomi, sosial dan budaya untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Gayo Lues yang “๐—œ๐˜€๐—น๐—ฎ๐—บ๐—ถ ๐— ๐—ฎ๐—ป๐—ฑ๐—ถ๐—ฟ๐—ถ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฆ๐—ฒ๐—ท๐—ฎ๐—ต๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ”.

โ€œMelalui forum Musrenbang ini marilah bersama-sama kita mencari solusi terhadap permasalahan yang kita hadapi, untuk itu masukan-masukan yang sifatnya konstruktif bagi pembangunan Gayo Lues tahun 2022 sangat diperlukan dalam rangka kesuksesan pembangunan,โ€ pinta Wabup.

Kesuksesan pembangunan idealnya didukung oleh kemampuan daerah untuk membiayai berbagai program dan kegiatan yang diusulkan dan disepakati pada Musrenbang, akan tetapi sehubungan dengan kemampuan keuangan daerah masih terbatas, maka perlu kesadaran dan pemahaman semua pihak mengenai keterbatasan tersebut, bahwa tidak semua program dapat didanai, akan tetapi program/kegiatan yang akan didanai adalah program-program/kegiatan yang sudah disusun dan merupakan prioritas pembangunan daerah.

Sementara H. Jata,SE, Kepala Bappeda Gayo Lues, mengatakan pelaksanaan pembukaan Musrenbang tidak seperti biasanya karena alasan Covid-19, yang seharusnya dilaksanakan di masing masing Kecamatan, namun kali ini berlangsung di Balai Pendopo Bupati setempat.

Dalam Acara ini turut hadir Wakil Bupati Gayo Lues, Para Forkopimda Gayo Lues, Pimpinan dan Para Anggota DPRK Gayo Lues, Sekretaris Daerah, Para Asisten dan Para Staff Ahli Bupati Gayo Lues, Para Kepala SKPK di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gayo Lues, Para Camat Se-Kabupaten Gayo Lues serta Beberapa Tokoh Masyarakat. (Daud)

Subscribe kami. Anda akan berlangganan informasi berita terbaru.

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.