Berani Tampil Beda

Komnas Perlindungan Anak Meminta Istilah Kata ‘Anjay’ Tak Lagi Digunakan

Komisi Nasional Perlindungan Anak memberikan jawaban terkait adanya aduan masyarakat soal penggunaan istilah anjay. Istilah anjay saat ini sedang menjadi perbincangan publik karena dinilai memiliki makna kasar.

Terkait itu, Komisi Nasional Perlindungan Anak meminta istilah anjay tidak lagi digunakan dalam percakapan sehari-hari. Hal itu disampaikan mereka dalam pers rilis yang ditanda tangani Ketua Umum Arist Merdeka Sirait dan Sekretaris Jenderal Dhanang Sasongko.

“Lebih baik jangan menggunakan kata anjay. Ayo kita hentikan sekarang juga,” tulis pernyataan Komisi Nasional Perlindungan Anak dikutip Minggu (30/8).

Komisi Nasional Perlindungan Anak tak menampik, arti dan makna kata anjay akan berbeda tergantung sudut pandang. Di satu sisi kata anjay dapat menjadi pujian, namun di sisi lain dapat menjadi hinaan.

“Penggunaan istilah anjay harus dilihat dari berbagai sudut pandang, tempat dan makna.Jika disebutkan sebagai kata pengganti ucapan salut dan bermakna kagum atas satu peristiwa ‘ow keren’ misalnya memuji diganti dengan istilah anjay,” tutur Komisi Nasional Perlindungan Anak.

“Sekalipun ada istilah anjay yang dapat diartikan dengan sebutan dari salah binatang. Jika istilah anjay digunakan untuk merendahkan martabat seseorang dapat dilaporkan sebagai tindak pidana. Maka itu harus dilihat perspektifnya,” tambahnya.

Akan tetapi Komisi Nasional
Perlindungan Anak berpandangan maka kata anjay menjadi masalah jika disampaikan kepada orang yang tidak kita kenal. Sebab dapat bermakna anjing. Hal itu yang kemudian dapat memicu masalah.

Maka dari itu, Komisi Nasional Perlindungan Anak menilai istilah anjay mengandung unsur kekerasan dan merendahkan martabat seseorang sehingga dapat dipidana.

Termasuk jika digunakan dalam konteks bercanda dan jika memenuhi unsur pidana sesuai UU RI No 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Sumber : Kumparan

Subscribe kami. Anda akan berlangganan informasi berita terbaru.

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.