Kemensos Persiapkan Bansos Anak Yatim Piatu Covid Rp 300 Ribu Sebulan

Editor: Hetty author photo

Ilustrasi gambar.

JAKARTA
- Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat mengatakan pihaknya saat ini tengah mempersiapkan usulan skema untuk memberikan bantuan sosial pada anak yatim piatu berupa uang tunai Rp200 ribu-Rp300 ribu sebulan.


Harry mengatakan skema pemberian bantuan sosial pada anak yatim piatu tersebut sedang disiapkan.


"Skemanya, sementara ini diusulkan Rp300 ribu per bulan untuk anak yang belum sekolah, dan Rp200 ribu per bulan untuk anak yang sudah sekolah," kata Harry saat ditemui wartawan di DPR, Rabu (25/8).


Dia menjelaskan, pihaknya tak hanya akan memberikan bantuan tersebut pada anak yatim piatu akibat Covid-19. Kemensos juga akan memberikan bantuan pada anak yatim, piatu, yatim-piatu, baik yang ditinggal orang tua karena Covid-19 dan bukan karena Covid-19 selama pandemi.


Berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Kemensos mencatat ada total 4.230.622 anak di bawah usia 18 tahun yang akan mendapat bantuan tersebut. Harry mengaku tak menutup kemungkinan angka tersebut bertambah mengingat pandemi Covid-19 yang masih berjalan.


"Itu data yang sudah padan dengan dukcapil, bahwa nanti dalam praktiknya mungkin saja ada tambahan, nanti akan dilakukan verifikasi dan validasi," ucap Harry.


Terkait dengan anggaran, Harry mengatakan pihaknya menyiapkan anggaran sebesar Rp3,2 triliun untuk program bantuan anak yatim piatu selama 4 bulan ke depan.


"Untuk tahun depan sekitar Rp9,6 triliun akan diajukan untuk tahun depan, besok akan dibahas bersama Komisi VIII DPR," tuturnya.


Sebelumnya Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta Kemensos segera menangani anak yatim piatu akibat Covid-19. Kemensos awalnya akan memberikan bantuan sosial pada anak yatim piatu tersebut mulai 2022 karena keterbatasan anggaran.


Sumber : CNNINDONESIA

Share:
Komentar

Berita Terkini