Home Nasional Seorang Manula Korban Banjir di Evakuasi

Seorang Manula Korban Banjir di Evakuasi

Sepasang manula di evakuasi dari lokasi banjir oleh tim gabungan Basarnas Pekanbaru serta anggota Kepolisian di Desa Pelanduk Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu,Riau.


Tidak hanya itu, empat warga lainnya juga di evakuasi tim gabungan tersebut, proses evakuasi tersebut tidak mudah karena arus air di Desa Pelanduk cukup deras.


“Kakek bernama Warjito (60) dievakuasi karena rumahnya terendam banjir dan dibawa ke rumah saudaranya yang tidak terendam banjir dengan jarak 2 kilometer,” kata Humas Kantor Basarnas Pekanbaru, Kukuh Widodo di Pekanbaru, Selasa (26/11/2019), dikutip dari Antara.

Petugas Basarnas menggendong Kakek Warjito bergantian dengan petugas Bhabinkamtibmas setempat melewati genangan banjir.

Kepala Kantor Basarnas Pekanbaru Amiruddin, mengatakan pihaknya memiliki kewajiban mengevakuasi dan membantu warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.


ia menjelaskan tidak semua warga bersedia dievakuasi dengan alasan menjaga rumah, karena apabila ditinggal takut disatroni maling dan alasan keamanan lainnya.

“Kalau mereka tidak mau dievakuasi dengan alasan demikian itu hak mereka. Namun kita akan fokus melakukan bantuan ke warga untuk evakuasi, karena salah satu tugas pokok kita adalah membantu menyelamatkan manusia atau jiwa,” kata Amiruddin.

Diketahui banjir melanda Kabupaten Rohul sejak Minggu (24/11/2019). Banjir karena meningkatnya intensitas hujan lokasinya tersebar di Kecamatan Rambah, yakni di Desa Rambah Tengah Hulu (Pawan), Desa Tanjung Belit (Tanjung Pauh), Desa Babussalam, Desa Pematang Berangan, dan Kelurahan Pasirpangaraian.

Lalu banjir juga terjadi di Kecamatan Rokan IV Koto, yakni di Desa Rokan Koto Ruang, Desa Cipang Kanan (Kubang Buaya), Desa Tanjung Medan, dan Kelurahan Rokan.

Berdasarkan data Kantor Basarnas Pekanbaru, warga korban banjir di Rohul mencapai 849 kepala keluarga (KK) atau setara 3.116 jiwa. Banjir merendam beberapa fasilitas sosial seperti masjid, dan akses jalan terputus.(ANC)

Populer