Home Nasional Petugas Patroli Bersepeda Dishub Jaktim Sterlikan Jalur

Petugas Patroli Bersepeda Dishub Jaktim Sterlikan Jalur

Petugas patroli bersepeda Dinas Perhubungan Jakarta Timur dikerahkan untuk mensterilkan jalur sepeda dari lintasan pengendara bermotor.


Hal ini disampaikan Kepala Seksi Lalu Lintas Sudinhub Jakarta Timur, Andreas Eman,di Jakarta, Minggu (24/11/2019). “Setiap hari kita kerahkan empat unit petugas bersepeda untuk berpatroli di jalan-jalan yang memang diperuntukan bagi pesepeda,” katanya.dikutip dari Antara.

 Lanjut Eman mengatakan, petugas patroli bersepeda dikerahkan menuju Jalan Pemuda, Jalan Pramuka dan Matraman yang sudah dilengkapi fasilitas jalur sepeda.

 Setiap harinya petugas dibagi ke dalam dua shift kerja mulai pagi hingga siang dan siang hingga sore. Pemanfaatan sepeda sebagai kendaraan bagi petugas di lapangan dikarenakan lebih leluasa memberi ruang gerak petugas ditengah kemacetan. 

Petugas dishub bersepeda yang didominasi perempuan juga bertugas menyosialisasikan peraturan terkait jalur sepeda di Jakarta.


 “Anggota proaktif memberi imbauan terhadap pengendara yang melanggar terkait sanksinya,” kata Eman. Untuk pelanggar berkendara mobil, kata dia, denda maksimal Rp500 ribu, untuk pelanggar berkendara motor denda maksimal Rp250 ribu. Sanksi itu mengacu pada pasal 284 Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” katanya. 

Aturan yang dimaksud menyebutkan “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dengan tidak mengutamakan keselamatan pejalan kaki atau pesepeda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu.(ANC) 

Populer