Home Sumut Peringati Hari Pahlawan Tahun 2019. Ini Pidato Bupati Asahan

Peringati Hari Pahlawan Tahun 2019. Ini Pidato Bupati Asahan

ASAHAN – Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar upacara peringatan hari pahlawan di Lapangan Alun-Alun Kisaran, Minggu (10/11/209) sekira pukul 09.00 wib.

Bupati Asahan, H Surya Bsc dalam sambutannya menjelaskan, pada tanggal 10 November 2019, masyarakat di seluruh Republik Indonesia memperingati Hari Pahlawan.

“Peringatan hari pahlawan ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur kita atas kemerdekaan Republik Indonesia, serta mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan dirinya untuk merebut, mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah, ” ungkapnya.

Saat ini, lanjut H Surya, kita merasa beruntung karena hidup dimasa yang damai dan menikmati hasil jerih payah dari para pahlawan yang telah berhasil melepaskan Indonesia dari tangan penjajah.

“Awal mula peringatan hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November adalah diambil dari peristiwa perlawanan masyarakat Surabaya (yang dikenal arek-arek Suroboyo) terhadap sekutu, ” ketusnya.

Surya menjelaskan, momentum tersebut menjadikan spirit para pejuang bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan di berbagai daerah.“Maka dalam memperingati hari pahlawan ini, perlunya pemaknaan nilai moral yang dapat diambil dari aksi heroik para pahlawan kita dalam mempertahankan kemerdekaan kepada masyarakat Indonesia, ” paparnya.

Dirinya berharap kepada generasi muda dapat mencontoh nilai dan moral dari para pahlawan seperti Keberanian, Tanggung Jawab, Rela Berkorban, dan Jiwa Kepeminpinan dalan menghadapi tantangan kedepan.

Selanjutnya Surya membacakan sambutan Menteri Sosial RI Juliari P Batubara yang meminta kepada para anak muda membangkitkan semangat inovasi.

Pada kesempatan pelaksanaan upacara peringatan hari Pahlawan tahun ini, Bupati Asahan menyerahkan piagam penghargaan kepada tokoh olah raga Kabupaten Asahan kepada Kapolres Asahan, AKBP. Faisal F. Napitupulu, SIK. MH.

Rangkaian akhir peringatan hari Pahlawan, Forkopimda, Sekretaris Daerah, MUI, IMTAG, ORMAS, OKP, ASN dan unsur TNI/ POLRI melaksanakan upacara ziarah sekaligus melakukan tabur bunga ke taman makam Pahlawan di Jalan Jenderal Sudirman Kisaran.

Kegiatan tersebut dihadiri Forkopimda Kabupaten Asahan, Sekretaris Daerah, Tokoh Agama, OPD, Veteran, ORMAS, OKP, ASN, unsur TNI/POLRI. (man)

Populer

Rampok Toko di Sunggal, 4 Perampok Bersenjata Pistol Terekam CCTV

SUNGGAL - Dengan luka 10 jahitan dikepala, Mariadi (40) warga Jalan Sei Mencirim, Sunggal mendatangi Mapolsek Sunggal. Pasalnya, ia baru saja menjadi...

Anak Kos Tewas Disayat Pisau Cutter (2). Pelaku Pembunuhan Disebut-sebut Berinisial AH

MEDAN – Tewasnya Bian (20), seorang penghuni kos-kosan di Jalan Punak, Kelurahan Sei Putih Timur II, Medan Petisah sedikit demi sedikit mulai...

Anak Kos Tewas Disayat Pisau Cutter (1). Polrestabes Medan Kantongi Identitas Pelaku

MEDAN - Tewasnya Bian (27), seorang penghuni kos-kosan di Jalan Punak, Kelurahan Sei Putih Timur II, Medan Petisah sedikit demi sedikit mulai...

Tonton Videonya! Beginilah Aksi Brutal Kawanan Perampok Berpistol di Sunggal Terekam CCTV

Sunggal - Aksi brutal kawanan perampok bersenjata pistol yang beraksi di Jalan Sei Mencirim, Sunggal membuat warga sekitar resah. Pasalnya pelaku yang...

Astaga! Cewek Cantik Ini Ternyata Otak Pelaku Pencurian Mobil

SUNGGAL - Siti Pratiwi (30) warga Jalan Stasiun Gang Amal, Desa Lalang, Sunggal terpaksa mendekam di sel Polsek...

Rampok Hp OPPO, Duo Jambret Berdarah-Darah Dihajar Massa. TKP Sukaramai!

MEDAN AREA - Tampaknya warga Kota Medan harus berhati-hati dengan perampok modus menabrak korbannya. Pasalnya, Suken Sinaga (23) dan Putra Sinaga warga...

Nagih Hutang Rp500 Ribu, Leher Ibu Rumah Tangga Ini Nyaris Ditikam Pisau

POLRESTABES MEDAN - Dengan wajah pucat, Sri Murni Alam (39) warga Jalan Benteng Hilir, Percut Seituan mendatangi Polrestabes Medan. Pasalnya, nyawanya nyaris...

Tangan Dijepit Kaca Mobil, Jukir Umur 65 Tahun Diseret Mobil Suzuki Ertiga Hingga Terluka

MEDAN - Dengan kondisi tangan dijepit kaca pintu mobil Suzuki Ertiga BK **** EQ, Muchlis Harmin (65) warga Jalan Brigjen Katamso, Medan...