Home Nasional Kasus Penerbitan SKL BLBI, KPK: Sjamsul Nursalim Tidak Punya Itikad Baik

Kasus Penerbitan SKL BLBI, KPK: Sjamsul Nursalim Tidak Punya Itikad Baik

Pengusaha kakap Sjamsul Nursalim dan istrinya Itjih tidak memiliki itikad baik untuk menghadapi proses hukum kasus penerbitan Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI).

Hal ini di sampaikan Kepala Biro Hubungan Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah, “Kalau punya itikad baik, ketika dipanggil KPK itu datang saja ke Indonesia dan kalau yakin memiliki bukti tidak melakukan perbuatan korupsi, silakan perlihatkan saja pada penyidik. Pasti kami pelajari lebih lanjut,” kata Febri, seperti dikutip dari VIVAnews.

Ia pun mengaku akan terbuka mendengar keterangan dan bukti-bukti Sjamsul Nursalim dan Itjih jika merasa tak melakukan tindak pidana dalam kasus korupsi yang ditaksir merugikan uang negara hingga Rp4,58 triliun tersebut.

Seperti diketahui, keduanya kini menetap dan menjadi warga negara Singapura. Menurut Febri, Sjamsul Nursalim dan Itjih seharusnya kembali ke Indonesia. Keduanya kemudian dijerat sebagai tersangka.

KPK telah menetapkan Sjamsul Nursalim dan istrinya, Itjih Nursalim, sebagai daftar pencarian orang (DPO) atau buronan terkait kasus dugaan korupsi penerbitan SKL BLBI. KPK juga telah mengirimkan surat kepada Kapolri dan jajarannya terkait status Sjamsul sebagai DPO.

Dalam surat itu, KPK juga meminta jajaran Kepolisian bantu mencari Sjamsul dan Itjih. Status buronan ini disematkan KPK kepada Sjamsul dan Itjih lantaran pemegang saham BDNI tersebut tak memiliki iktikad baik menjalani proses hukum.

Di Indonesia, penyidik mengirimkan surat panggilan pemeriksaan ke rumah kedua tersangka di Simprug, Grogol Selatan, Jakarta Selatan.

Adapun untuk alamat di Singapura, KPK mengirimkan surat panggilan pemeriksaan melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia, ke empat alamat, yaitu, 20 Cluny Road; Giti Tire Plt. Ltd. (Head Office) 150 Beach Road, Gateway West; 9 Oxley Rise, The Oaxley dan 18C Chatsworth Rd.

Tidak hanya melayangkan surat panggilan, KPK juga meminta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura mengumumkan pemanggilan pemeriksaan Sjamsul dan Itjih di papan pengumuman kantor KBRI Singapura.

Upaya pemanggilan tersangka juga dilakukan dengan meminta bantuan Corrupt Practices Investigation Bureau (CPIB), Singapura. Namun Sjamsul dan Itjih selalu mangkir untuk diminta keterangannya sejak kasus yang menjerat mereka masih dalam proses penyelidikan.

Tak hanya itu, belakangan, KPK juga meminta bantuan National Central Bureau (NCB)-Interpol Indonesia untuk turut memburu Sjamsul Nursalim dan Itjih Nursalim.

Dalam surat tertanggal 6 September 2019 itu, penyidik menjelaskan kepada Interpol mengenai perkara korupsi yang menjerat Sjamsul Nursalim dan Itjih.(VN)

Populer

Rampok Toko di Sunggal, 4 Perampok Bersenjata Pistol Terekam CCTV

SUNGGAL - Dengan luka 10 jahitan dikepala, Mariadi (40) warga Jalan Sei Mencirim, Sunggal mendatangi Mapolsek Sunggal. Pasalnya, ia baru saja menjadi...

Anak Kos Tewas Disayat Pisau Cutter (2). Pelaku Pembunuhan Disebut-sebut Berinisial AH

MEDAN – Tewasnya Bian (20), seorang penghuni kos-kosan di Jalan Punak, Kelurahan Sei Putih Timur II, Medan Petisah sedikit demi sedikit mulai...

Diseret Dumptruk, Anak Tewas, Ibunya Selamat

SUNGGAL - Indra Supratman (33) warga Dusun 2, Desa Purwodadi, Pagar Merbau nyaris diamuk massa. Pasalnya, supir Dumptruk BK 8373 RA lalai...

Anak Kos Tewas Disayat Pisau Cutter (1). Polrestabes Medan Kantongi Identitas Pelaku

MEDAN - Tewasnya Bian (27), seorang penghuni kos-kosan di Jalan Punak, Kelurahan Sei Putih Timur II, Medan Petisah sedikit demi sedikit mulai...

Tonton Videonya! Beginilah Aksi Brutal Kawanan Perampok Berpistol di Sunggal Terekam CCTV

Sunggal - Aksi brutal kawanan perampok bersenjata pistol yang beraksi di Jalan Sei Mencirim, Sunggal membuat warga sekitar resah. Pasalnya pelaku yang...

Astaga! Cewek Cantik Ini Ternyata Otak Pelaku Pencurian Mobil

SUNGGAL - Siti Pratiwi (30) warga Jalan Stasiun Gang Amal, Desa Lalang, Sunggal terpaksa mendekam di sel Polsek...

Rampok Hp OPPO, Duo Jambret Berdarah-Darah Dihajar Massa. TKP Sukaramai!

MEDAN AREA - Tampaknya warga Kota Medan harus berhati-hati dengan perampok modus menabrak korbannya. Pasalnya, Suken Sinaga (23) dan Putra Sinaga warga...

Nagih Hutang Rp500 Ribu, Leher Ibu Rumah Tangga Ini Nyaris Ditikam Pisau

POLRESTABES MEDAN - Dengan wajah pucat, Sri Murni Alam (39) warga Jalan Benteng Hilir, Percut Seituan mendatangi Polrestabes Medan. Pasalnya, nyawanya nyaris...