Irjen Firly Jabat Kabaharkam Polri

Irjen Firly Jabat Kabaharkam Polri

Jumat, 08 November 2019, 20:24
JAKARTA– Sebanyak 170 perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) di jajaran Polri dimutasi. Pergeseran ini tertuang berdasarkan Surat Telegram (ST)/3020/XI/Kep/2019 yang dikeluarkan Mabes Polri, Jumat (8/11/2019).

Seperti dikuti dari laman Poskotanews.com, dalam surat telegram itu, Komjen Condro Kirono yang menjabat sebagai Kabaharkam menjelang pensiun, dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Jabatan Kabaharkam Polri diserahkan kepada Irjen Firli yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumsel.

Pun begitu, Firli akan menjabat sebagai Kabaharkam sampai Desember 2019, saat ia dilantik menjadi Ketua KPK periode 2019-2023. Jabatan Kabaharkam untuk Firli ini, guna mendapatkan bintang tiga atau ajang promosi kenaikan pangkat menjadi Komisaris Jenderal (Komjen), sebelum ia menjabat Ketua KPK.

Selain itu, isi surat telegram itu juga Brigjen M Fadil Imron dari Dirtipidter Bareskrim Polri menjadi Sahlisosbud Kapolri. Kemudian Kombes Nico Afinta yang sebelumnya Dirtipiddum Bareskrim Mabes Polri jadi Sahlisospol Kapolri. Sedangkan Kombes Ferdy Sambo dari Koorspripim Kapolri menjadi Dirtipiddum Bareskrim Polri.

Posisi Koorspripim Kapolri diisi Kombes Suwondo dari Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri. Sementara Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mendapat promosi bintang satu menjadi Karopenmas Divisi Humas Polri.

Posisi Brigjen Dedi Prasetyo yang sebelumnya menjabat Karopenmas Divisi Humas Polri dimutasikan menjadi Karobinkar SSDM Polri. Kemudian untuk jabatan Kabid Humas Polda Metro Jaya akan dipegang Kombes Yusri Yunus, sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Penmas Divisi Humas Polri.

Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal membenarkan adanya mutasi tersebut. Menurutnya, mutasi jabatan hal yang biasa di tubuh Polri, salah satunya untuk penyegaran.

“Mutasi adalah hal yang wajar terjadi. Dengan adanya mutasi ini diharapkan Polri semakin baik dalam melayani masyarakat," katanya. (pkc)

TerPopuler