Lapor Pak Bupati! Bangunan Tak Ber-IMB Marak di Desa Sunggal Kanan

SUNGGAL - Pembangunan 2 unit rumah toko (Ruko) di Jalan Setia Makmur, Sunggal, Deliserdang tanpa menggunakan plang Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) di soal warga.

"Kok bisa dibangun ruko 2 pintu tanpa mencantumkan plang SIMB, apalagi pengerjaannya sudah mencapai 50%," ujar salah seorang warga yang namanya enggan disebutkan.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Desa Sunggal Kanan, Zuliadi mengatakan bahwa pemilik ruko sudah datang dan meminta surat penghantar dari Desa. Selanjutnya oleh mereka diteruskan ke Kecamatan," ujarnya singkat melalui telepon selulernya.

Dilokasi berbeda, ketika dikonfirmasi ke pihak Kecamatan, Kasi Trantib Kecamatan Sunggal, Feri Ginting mengatakan bahwa pemilik rumah telah mengurus rekom mendirikan bangunan dari pihak Kecamatan.

"Ijin IMB tidak ada, tapi mereka sudah mengurus rekom sama kita, tapi selanjutnya tinggal diteruskan ke Kabupaten Deliserdang," jelasnya singkat.

Menanggapi hal ini, Ketua DPD LSM Pemuda Sumut, Efendi Napitupulu menyayangkan adanya pembangunan tanpa memiliku IMB. Ia meminta Kepala Desa Sunggal untuk menertibkan banguanan bermasalah.

"Saya meminta Kepala Desa Sunggal Kanan, Zuliadi untuk menertibkan dan menindak tegas bangunan bermasalah terutama yang terletak di Kecamatan Sunggal Kanan," himbaunya. (Aryo)