MK Tolak Gugatan BPN Prabowo-Sandi, KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Jadi Capres-Cawapres Terpilih

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera menetapkan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin sebagai capres-cawapres terpilih. Seluruh peserta pemilu akan diundang dalam penetapan tersebut.

"Tindak lanjut sesudah putusan, pertama kami akan lakukan rapat pleno terbuka penetapan pasangan terpilih pada Minggu, 30 Juni 2019 di tempat kantor KPU pukul 15.30 WIN rangkaian acara pukul 15.30 WIB . Kalau tak ada halangan 17.00 WIB akan selesai," ucap Ketua KPU Arief Budiman, dilansir dari detik.com, Kamis (27/6/2019).

KPU akan mengundang Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Selain itu, KPU juga mengundang partai politik, penyelenggara pemilu, dan lembaga-lembaga lainnya.

"Mudah mudahan, pasangan calon punya waktu cukup, tidak ada halangan sehingga bisa hadiri rapat Pelni terbuka," kata Arief.

Sebelumnya diberitakan, Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2019 yang diajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dengan putusan ini, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin tetap memenangi Pilpres 2019.

"Mengadili, menyatakan, dalam eksepsi menolak eksepsi termohon dan pihak terkait untuk seluruhnya. Dalam pokok permohonan: menolak permohonan Pemohon untuk seluruhnya," ujar Ketua MK Anwar Usman membacakan amar putusan dalam sidang gugatan hasil pilpres di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat.