Bupati Labusel Hadiri HUT RI Ke 74 di Lapas Klas III Kota Pinang


LABUSEL - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke- 74 Tahun 2019, Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) melakukan kunjungannya ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas III Kotapinang, Sabtu, (17/8).

Dalam naskah pidatonya, Menkumham Yasonna Laoly yang di bacakan oleh Bupati Kabupaten Labusel Wildan Aswan Tanjung membacakan bahwa hari ini merupakan hari peringatan ke- 74 kemerdekaan Republik Indonesia. Pada perayaan HUT kemeredekaan tahun ini, pemerintah mengangkat tema 'SDM Unggul, Indonesia Maju'.

Dikatakan Bupati, bahwa thema tersebut merupakan terinspirasi dari visi pembangunan pasangan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Jokowi-Ma'ruf memang akan fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) di pemerintahan periode 2019-2024.

"Tema ini menegaskan komitmen Indonesia dalam membangun SDM unggul. Tema peringatan HUT ke-74 RI itu tertuang dalam surat Menteri Sekretariat Negara No. B-779/M.Sesneg/SET/TU.00.04/07/2019, tentang Penyampaian Tema dan Logo Peringatan Hari Kemerdekaan Tahun 2019 yang ditandatangani pada 23 Juli 2019," ujar Bupati Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Wildan Aswan Tanjung.

Di ketahui, jika kapasitas penghuni di Lapas klas III Kotapinang tersebut saat ini di huni sebanyak 246 orang tahanan dan narapidana. Dan dari banyaknya tahanan tersebut, di katakan Kalapas Klas III kotapinang, Erwin Simangunsong jika kondisi Lapas tersebut saat ini 'overload' atau kelebihan kapasitas. 
"Lapas kita sebenarnya sudah melebihi dari yang seharusnya, yang seharusnya berpenghuni 93 orang kini sudah menjadi 246 orang. Dan pada HUT ke- 74 RI kali ini Narapidana yang bebas sebanyak 1 orang, yakni Misgi (40), warga Provinsi Riau, dan yang mendapat remisi 1 bulan sekitar, 63 orang, 2 bulan 3 orang, 3 bulan 13 orang, 4 bulan 2 orang, dan mendapatkan remisi 5 bulan sebanyak 1 orang, jadi 102 orang yang mendapatkan remisi," papar Kalapas Klas III Kotapinang. 

"Untuk saat ini tahanan dan narapidana yang ada pada kita, 60% nya merupakan kasus narkoba, yakni 159 dalam kasus narkoba, Tipikor 1 orang dan pidana umum 86 orang" ujar Erwin  Simangunsong. 

Erwin juga berharap, jika Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan dapat menyediakan lahan untuk membangun gedung Lapas yang baru guna untuk menampung tahanan atau narapidana yang saat ini  mencapai melebihi kapasitas. (Sulaiman)