Ya Ampun!!! Jalan Menuju Lokasi Wisata Bakti Raja Rusak Parah

HUMBAHAS - Minimnya perhatian Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan terhadap jalan menuju lokasi pariwisata di Kecamatan Baktiraja disesali warga. Pasalnya jalan yang baru di aspal hotmix tahun lalu sudah rusak parah. Kerusakan diduga akibat truck yang mengangkut bahan pada Proyek Pembangunan Bendungan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) oleh PT. BEL yang berlokasi di hulu Sungai Aek Silang, Desa Martodo, Baktiraja.

Untuk menyelesaikan pembangunan terowongan bendungan ini, armada proyek yang menggunakan truck kontainer terlihat lalu-lalang membawa material proyek melebihi tonase. Bahkan armada truck kontainer yang diduga over load melaju tanpa hambatan sehingga beberapa titik ruas jalan Dolok Sanggul-Baktiraja rusak parah.

Amatan wartawan, terlihat kerusakan jalan di beberapa titik ruas jalan yang baru dihotmix rusak  sehingga kerusakan jalan tersebut mengancam para pengendara yang melintas.

Salah satu warga Jhoni Silalahi, mengaku resah  dan kesal, sekaligus prihatin dengan armada truck kontainer yang melebihi tonase melintas di Jalan tersebut.

“Sekilas kita lihat, muatan mobil kontainer ini masih biasa biasa saja. Namun muatan kontainer ini di prediksi mencapai antara 20- 30 ton. Sementara jalan tersebut masih kelas C yang hanya dapat menahan beban delapan ton. Kuat dugaan situasi ini sepertinya terlepas  dari pantauan petugas,” ujarnya.

Mobil bermuatan over tonase ini, sambung Jhoni, dengan leluasa melintas di jalan aspal hotmix yang baru di kerjakan tahun lalu. Akibatnya jalan menuju Baktiraja  mulai dari perlintasan Desa Sosor Gotting sampai Desa Martodo kini rusak parah dan kupak kapik.

Untuk menjaga akses jalan menuju lokasi wisata di Kecamatan Baktiraja, Jhoni berharap petugas "Saya harap, Dishub serta pihak terkait memberi perhatian serius. Sebab jika hal ini terabaikan, bukan tidak mungkin jalan baru dihotmix oleh Pemkab Humbahas itu akan semakin parah," harapnya.

Terpisah, Kadis Perhubungan Humbahas, Jaulim Simanullang ketika di hubungi melalui selulernya belum bisa memberikan tanggapan dengan alasan masih ada acara rapat. "Sabar dulu, masih ada rapat."katanya melalui selulernya.

Hingga berita ini di turunkan, kepala dinas perhubungan kabupaten humbang hasundutan belum memberikan tanggapan. (Boy).