SMK Negeri 1 Sipoholon Makin Diminati

Kepsek SMK Negeri 1 Sipoholon, Allin tampubolon, SPd 

TAPUT - Minat siswa tamatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Negeri 1 Sipoholon makin meningkat.

Hal tersebut dinyatakan Kepala sekolah SMK Negeri 1 Sipoholon, Allin tampubolon, SPd kamis (25/7/2019) kepada Metro24jam.co.id  diruang kerjanya.

Disebutkan, untuk tahun 2018 SMK Negeri 1 Sipoholon mengalami peningkatan sekitar 25% dari tahun sebelumnya. Yang mengisyaratkan adanya perobahan pola pikir orangtua maupun siswa memandang SMK.

Selama ini sambungnya, minat siswa baru tamat SMP lebih dominan melanjutkan ke Sekolah Menangah Umum(SMU) yang nantinya setelah tamat harus melanjutkan jenjang pendidikan ke perkuliahan.

Sedangkan SMK menurutnya adalah sekolah kejuruan yang menghasilkan generasi terampil dan siap pakai bahkan bisa buka usaha sendiri ketika sudah tamat dari SMK Negeri 1 Sipoholon.

"Selama ini kan SMK kurang diminati, para orang tau masih berpikir hanya SMU yang bisa mencetak generasi handal. Padahal SMK telah mencetak generasi siap pakai yang bisa buka usaha sendiri langsung setelah tamat" ujar Allin tampubolon.

Kendati demikian lanjut Allin pertambahan minat tersebut harusnya dibarengi dengan penambahan anggaran pembangunan fasilitas pendukung semisal pembangunan pagar sekolah, penambahan hewan hewan untuk praktek murid juga adanya anggaran BOSDA(Biaya Operasional Sekolah Daerah)

Terpisah, salah seorang orang tua murid, B.marbun menyebutkan anaknya yang sudah tamat dari SMK Negeri 1 Sipoholon saat ini mencoba beternak ayam dengan ilmu yang didapat selama sekolah.

"Anak saya yang baru tamat dari SMK ini sedang mencoba usaha ternak ayam kampung, mudah mudahan dia berhasil" sebut B.marbun.

Seperti diketahui SMK Negeri 1 Sipoholon yang berada di desa Pagarbatu, Kec.sipoholon, Kab.Tapanuli Utara menyediakan tiga jurusan kompetensi keahlian yaitu agribisnis ternak unggas, keperawatan hewan dan Perbankan dan Keuangan mikro. (Maju)