Kepala BKD Labusel Bungkam Saat Dikonfirmasi Mutasi Dan Pengunduran Diri Jabatan Eselon II


LABUSEL - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan mutasi sejumlah jabatan Eselon II dilingkungan Pemkab Labuhanbatu Selatan. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Labuhanbatu Selatan ‘Bungkam’ terkait mutasi dan mundurnya sejumlah pejabat Eselon II di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Labuhanbatu Selatan, Hj Lamsyania MPd enggan memberikan tanggapa terkait mutasi dan mundurnya sejumlah kepala OPD yang tidak diketahui sebabnya, Jumat (11/7/2019). Ironisnya,  Lamsyania selalu menghindar dari awak media.

"Ibu Kepala gak ada, beliau lagi tugas luar," ujar wartawan metro24jam.co.id menirukan ucapan pegawai BKD saat ditemui di kantor BKD Labusel.

Begitu juga saat dikonfirmasi melalui selulernya, meskipun nada dering masuk berkali-kali selalu tidak diangkat, pesan yang dikirim juga tidak pernah dibalas.
“lebih anehnya Kadis BKD Labusel ini, susah untuk konfirmasi tak pernah bisa dan terkesan menghindar di teleponpun tak mau mengangkat, padahal mutasi dan pengunduran diri serta hal-hal terkait ASN di Labusel itukan semua urusan BKD, atau ibu Kadis tersebut memang sama sekali tak tahu, miris kalilah,”ujar, salah seorang wartawan, Jum’at (12/7) di Halaman Kantor BKD Labusel.

Dari hasil pantauan wartawan, 6 pejabat eselon II dimutasi , yakni Drs H. Ahmad Fuad MM Jabatan Lama ASS Administrasi Umum Sekdakab Labusel, jabatan baru ASS Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Fuadi M. AP jabatan lama Kasat Pol PP jabatan baru ASS Administrasi Umum Sekddakab Labusel, Riswanto, SPd jabatan lama Sekwan DPRD Labusel jabatan baru Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Labusel, Zulkarnain Siregar S.Sos jabatan lama Kepala Dinas Perizinan jabatan baru Kadis PMDK Labusel, Kamaluddin Siregar SPd jabatan lama Kepala Dinas Perpustakaan jabatan baru Kepala Bapeda.
Kemudian Sahrul Tanjung, SAg,MPd jabatan lama Kadis Pendidikan jabatan baru staf ahli Bupati bidang pembangunan ekonomi dan keuangan Labusel, H. Marasakti, SIP, MM jabatan lama Kadis Sosial jabatan baru staf ahli Bupati bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Labusel, Mangayat Jago Ritonga, SPd jabatan lama ASS Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Labusel jabatan baru Pelaksana pada Sekretariat Daerah Labusel.
Mutasi dan pengangkatan jabatan Eselon II itu sesuai Putusan Bupati Labusel No 821.24/224/BKD/B 2019 ditandatangani tanggal 9 Juli 2019 AN Bupati Labusel Wildan Aswan Tanjung.
Selain mutasi Kadis Pertanian dan Perikanan Labusel Hasan Basri Lubis dan Zuhri, SE Kaban Kesbang Linmaspol juga mengundurkan diri dari jabatannya. Begitu juga Kepala Inspektorat Syarbaini Harahap SH, sedangkan sebab pengunduran diri mereka sampai saat ini belum diketahui alasan dan penyebabnya dari Badan kepegawaian Daerah (BKD) Labuhanbatu Selatan (Labusel) menjadi misteri.

“Ya heran sekarang ini jabatan eselon II di Labusel, bertukar dan masih kosong alias di PLT kan dan ada yang mengundurkan diri, gak tau sebabnya, kenapa gak dilelang, jadi bagaimana roda pemerintahan ini,” jelas M. Suyanto, Ketua LSM OMCi Labusel Kotapinang kepada wartawan, Sabtu (13/7/2019). (Sulaiman)