Kabel Listrik Bahayakan Nyawa Warga Pangaloan, PLN rayon Tarutung "Lepas Tangan"

TAPUT - Kondisi kabel listrik di Dusun Pangaloan, Desa Simanungkalit, Sipoholon,
Tapanuli Utara membahayakan nyawa warga sekitar. Betapa tidak, kabel listrik bertegangan tinggi tersebut kendor hingga mencapai jangkauan anak-anak, Selasa (30/7/2019).

Ironisnya, walaupun sudah diinformasikan warga, pihak PLN rayon Tarutung "Lepas Tangan" dengan alasan bahwa untuk perawatan maupun monitoring dari kabel listrik sudah diserahkan kepihak ketiga yaitu PT.Mangun Coy.

"Itu merupakan tanggung jawab dari kontraktor, untuk perawatan maupun monitoring dari kabel listrik sudah diserahkan kepihak ketiga yaitu PT.Mangun Coy. Biasanya perawatan dari cabang, kami usulkan dulu ke cabang Sibolga, namun untuk perawatan dan pembersihan sudah dikontrakkan," ujar Manager PLN Rayon Tarutung, Adnan Ashari kepada wartawan. Namun begitu ada laporan dari masyarakat, pihak PLN langsung respon menanggapi untuk mencegah hal-hal berbahaya," jelasnya.

Salah seorang ibu rumah tangga tidak jauh dari lokasi bermarga Hutapea menerangkan bahwa turunnya kabel tersebut sudah berlangsung lama dan sudah pernah dilaporkan warga ke pihak PLN. "Sudah pernah di beritahukan sama PLN tapi tidak pernah diperbaiki," terangnya.

Selain dilokasi tersebut beberapa titik tak jauh dari Pangaloan, kabel sudah menyentuh semak belukar dan pohon aren yang rentan bahaya bagi penyadap tuak. Disamping kabel yang turun terlihat juga ada tiang listrik yang nyaris roboh. (Maju)