26 Paket Anggaran DAK 2019 Kabupaten Humbahas Akan Dilelang Cepat

HUMBAHAS - Kurang lebih 26 Paket anggaran Dana DAK Tahun anggaran 2019  Kabupaten Humbang Hasundutan  akan di lelang cepat.

Hal ini di ungkapkan Benthon Lumban gaol selaku kepala UKPBJ (Unit Kerja Pengadaan Barang Dan Jasa) di ruang kerjanya, Senin (8/07/2019)  kepada awak media.

Benthon menjelaskan, sekitar kurang lebih  26 paket ini akan di tender cepat, yakni pada pekerjaan proyek peningkatan jalan (hotmixs), irigasi dan Spam Air,  namun untuk melaksanakan tender cepat ini harus ada  dulu rekomendasi atau usulan dari dinas sebagai pengguna anggaran, hanya saja  sampai hari ini, belum ada rekomendasi yang di sampaikan dari dinas terkait untuk melaksanakan tender cepat ini.

Di tambahkannya, tender cepat ini dilakukan mengingat waktu sudah sangat mendesak, sehingga tidak memungkinkan untuk melaksanakan tender ulang ,  di mana batas akhir penyerapan anggaran  sampai 21 juli 2019 dan proses tender cepat ini bisa di laksanakan mengacu pada Perpres Nomor 16 Tahun 2018 pada pasal 38.

"Kurang lebih ada 26 paket akan tender cepat, tapi rekomendasi dari dinas terkait sampai hari ini belum ada kita terima, semisal proyek peningkatan jalan aek sopang-Parmonangan kecamatan Pakkat dengan nilai pagu sekitar 3 Milyar dari Dinas PUPR Humbanghas."ujarnya.

Bahkan menurut Benthon, dari 134 daftar verifikasi rekanan yang ada  di kabupaten humbang hasundutan  berpeluang minim untuk bisa sebagai pemenang dalam tender cepat ini, di karenakan perusahaan lokal  (rekanan -red)  yang berdomisili di kabupatemnhumbang hasundutan masih banyak tidak memenuhi persyaratan kualifikasi.

Di katakannya,untuk proses tender cepat, pihaknya sebagai  Unit kerja Pengadaan barang dan Jasa kabupaten humbang hasundutan hanya sebagai klarifikasi kualifikasi calon pemenang dan pengumuman penetapan pemenang.

Dimana, para perusahaan yang ikut dalam proses tender cepat ini yakni perusahaan yang sudah terdaftar dalam SIKAP (Sistem informasi Kinerja Penyedia) yang servernya berada pada LKPP( Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah)  di Jakarta.

"Dalam proses sistem   tender cepat, para perusahaannya sudah ada terdaftar dalam SIKAP, dan servernya itu ada pada LKPP di Jakarta."jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas   PUPR kabupaten Humbang Hasundutan  Jhonson Pasaribu ketika di hubungi melalui selulernya tidak ada jawaban, meski ada tanda masuk .hanya saja, salah satu pegawai dinas PUPR Humbanghas yang namanya tidak mau di sebut dalam pemberitaan mengakui ada sebanyak 16 paket yang di laksanakan proses tender cepat yakni pada proyek pekerjaan peningkatan jalan (Hotmixs) dan irigasi. (Boy)