25 Persen Jalan Provinsi Di Garoga Rusak Parah

Camat Garoga, Josua Situmeang
TAPUT - Warga Kecamatan Garoga resah dengan kondisi jalan masuk Kecamatan Pangaribuan. Pasalnya sepanjang 8 KM jalan tersebut rusak parah tanpa perhatian pemerintah.

Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang warga Desa Aek Tangga, P Siregar. Ia mengqtaka bahwa kondisi jalan tersebut sudah bertahun- tahun tidak pernah ada perbaikan. Padahal Garoga termasuk Kecamatan penghasil getah karet serta jagung di Kabupaten Tapanuli Utara.

"Kita harap keseriusan pemerintah untuk melakukan perbaikan agar hasil hasil pertanian  dari Garoga bisa dikirim ke Kecamatan lain maupun ke Tarutung tanpa kendala. Kita sangat berharap agar pemerintah segera melakukan perbaikan," ujarnya.

Ketika dikonfirmasi, Camat Garoga, Josua Situmeang mengatakan bahwa pada tahun 2016 masyarakat Garoga pernah melakukan aksi demo ke Kantor DPRD Sumut agar segera melakukan pembangunan jalan Garoga segera di laksanakan. Dan hasilnya tahun 2017 ada pembangunan jalan beberapa kilometer.

"Untuk kondisi jalan yang paling urgen adalah Jalan Kecamatan Pangaribuan--Kecamatan Garoga tepatnya Dusun Dolok Matutung Desa Najumambe, Pangaribuan, Tapanuli Utara," ujarnya.

Disebutkannya, bahwa setengah badan jalan sudah longsor, dan ketika jalan tersebut longsor maka akan menutup akses satu satunya ke Kecamatan Garoga.

"Saat ini yang perlu penanganan segera adalah  longsor di jalan Pangaribuan--Garoga desa Najumambe,sebab kalau jalan tersebut putus maka akses masuk ke Kec.Garoga akan terputus. Dan untuk tahun Ini kita sudah ajukan permohonan ke Pemprovsu," ungkap Camat, Garoga Josua Situmeang.

Dari hasil pantauan wartawan, terlihat, kondisi jalan dari Desa Sibaganding kearah Desa Padang Siandoman kondisi jalan sudah rusak parah, badan jalan berlobang dan aspal terkelupas. Dan hal ini diperparah dengan musim penghujan sehingga bahu jalan tergenang yang dapat mengancam pengendara.

Demikian juga dengan jalan sepanjang Desa Aek Tangga. Tidak jauh beda dengan situasi Jalan Desa Sibaganding - Desa Padang Siandoman.

Dengan kondisi akses yang memprihatinkan itu, menambah waktu tempuh masyarakat untuk menjual hasil hasil pertanian atau hasil alam lainnya atau urusan lainnya ke Kecamatan terdekat maupun ke Tarutung Ibukota Kab.Tapanuli Utara. Karena itu, masyarakat Kec.Garoga sangat berharap agar pemerintah untuk membenahi jalan tersebut. (Maju)